.SMAN I SUKARAJA DIDUGA KELOLA DANA BOS TIDAK TRANSPARAN

Share it:
Bogor,(MediaTOR Online) - Lazimnya lembaga pendidikan sekolah  apalagi sekolah negeri jenjang SMA selalu melaporkan  rekapitulasi sekolahnya pada setiap tahun. Namun agak aneh dengan kegiatan rekapitulasi Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN)  1 Sukaraja Kabuapten Bogor per Komponen Tahun 2018 dan 2019 Jenjang SMA tidak diisi alias nihil. Dengan demikian. SMAN I Sukaraja diduga kelola dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tidak transparan.
Sekolah yang dikepalai H. Uum A. Gumaedi M Ag dalam mengelola dana BOS kuat dugaan bermasalah dengan tidak transparan dalam penggunaannya.
Baru-baru ini ketika dikonfirmasi di sekolah tersebut dinyatakan kenapa tidak transparan, pihak sekolah dengan enteng menjawab kesalahan bukan dari pihak sekolah, ia dengan gamblang melempar bola dengan menyalahkan pihak lain pengelola data online kementrian, ujarnya.
Ketika ditanya lagi mana papan transparan penggunaan dana BOS yang ada di sekolah malah asal jawab pihaknya baru akan membuatnya dalam persiapan, padahal dari data yang diperlihatkan sudah beberapa tahun tidak siap-siap alias tidak ada.
Karna jawaban pihak sekolah tidak akurat, kita minta jawaban atau tanggapan kepala sekolah sebagai pihsk yang berkompeten dalam hal penggunaan dana BOS agar tidak terjadi simpang siur dalam pemberitaan, namun pihak sekolah tetap bersikukuh menahan agar tidak ketemu Kepsek H. Uum A. Gumaedi M Ag
Ditempat terpisah, pegiat Gerakan Indonesia Anti Korupsi (GIAK) Subur Harahap ketika dimintai tanggapannya terkait permasalahan seperti ini ia menjelaskan dengan rinci, “Permasalahan di sekolah ini dalam pengelolaan dana BOS harus transparan dan dalam juknis BOS sendiri pun harus dipantau oleh masyarakat sekalipun oleh seorang tukang becak” ujarnya seraya menambahkan.
“Kalau pengelolaan dana BOS tidak transparan kental ada indikasi penyimpangan, persekongkolan alias TST, dan tambahnya lagi kalau mereka transparan mereka akan ketahuan oleh guru-guru honorernya dalam membayar standar gajinya, intinya begini, kalau tidak transparan hal yang pasti ialah pasti ada dusta di antaran kita” pungkasnya.(Tim)









Share it:

Pendidikan

Post A Comment:

0 comments: