Paguron Ider Buana Alihkan Pusaka Nogo Sosro kepada Abah Acil Putra Sancang

Share it:
Sukabumi,(MediaTOR Online) -

Pusaka Nogososro, konon, katanya adalah pusaka yang wajib dimiliki oleh para pemimpin di tatar sunda atau tanah pasundan. Selain kujang dan keris. Pada zamannya, tampuk kepemimpinan sebuah dusun atau kampung tidak akan sempurna, jika saja para pemimpinya belum memiliki pusaka ini.
Pusaka Nogososro dipercaya oleh para sesepuh adat sunda sebagi pusaka pelanggeng kepimpinan, kedigjayaan serta kewibawaan para pemegangnya, konon kabarnya pusaka ini dibuat pada jaman kerajaan Majapahit atas titah Prabu Brawijaya Kepada Mpu Supo Mandrangi atau Pangeran Sedayu.
Nampaknya hal itu kini menjadi sebuah tradisi bagi para komunitas pelestari budaya Ider Buana di Kabupaten Sukabumi. Komunitas yang kini diketuai oleh M.Didin Sh atau akrab dipanggil Abah Acil putra Sancang.
Penyerahan pusaka Nogososro dilangsungkan di kediaman Ketua umum komunitas Ider Buana terpilih M.Didin SH Abah Acil putra Sancang di Dusun Ciherang, Desa Sukakersa, Parakan Salak, Sukabumi, pada Kamis, (09/01/2020). 
Pusaka diserahkan langsung oleh Ki Ider Buana sebagai Pemangku kepemimpinan sebelumnya, dengan prosesi upacara adat Sunda secara spiritiual menurut tradisi komunitas Ider Buana.
Ditemui selepas prosesi penyerahan pusaka, M.Didin SH atau Abah.Acil putra Sancag Ketua Umum Komunitas Ider Buana 2020-2025, mengungkapkan,"Komunitas ini dibentuk guna melestarikan budaya Tatar Sunda yang kian hari kian tergerus oleh perkembangan zaman.Terima kasih untuk anggota yang telah mempercayai saya sebagai Ketua Umum. Rasa bangga penuh tanggung jawab kini mengisi hati saya, semoga apa yang menjadi cita cita komunitas untuk melestarikan Budaya Sunda Dapat tercapai,” ujarnya.
Dijelaskan, selain melestarikan budaya Tanah Pasundan, komunitas ini juga sering bergerak di bidang social. Tak jarang donasi maupun penggalangan bantuan bagi masyarakat kurang mampu ataupun korban bencana alam sering komunitas ini adakan,” imbuh M.Didin Shb Abah Acil putra  Sancang kepada media.
Pada kesempatan yang sama, Sekjen KSB Iderbuana Irsan Riswandi SPd angkat bicara tentang penyerahan Pedang pusaka Nogo Sosro tersebut. "Merupakan suatu amanat atau tugas kepemimpinan yang harus dijaga dengan baik dan menjadi pemimpin yang bijaksana serta menyayangi rakyatnya," tuturnya.
"Suatu kebanggaan bagi saya selaku pendiri Iderbuana Komunitas Sosial Budaya dan Lingkungan setelah menemukan sosok figur yang pas bahwa Abah Acil putra Sancang untuk dijadikan Ketua Umum. Semoga beliau menjadi seorang pemimpin yang amanah sesuai dengan visi dan misi Komunitas Iderbuana," ungkap Ki Iderbuana.(Reporter: GUNK)

Share it:

Pendidikan

Post A Comment:

0 comments: