Sandiaga Uno: Selamat Hari Kartini untuk Seluruh Perempuan Hebat Indonesia

Share it:


Jakarta,(MediaTOR Online) - Selamat Hari Kartini untuk seluruh perempuan hebat Indonesia. Semoga inspirasi dan dedikasi RA Kartini mendorong semangat kepada seluruh perempuan Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahuddin Uno melalui media sosial Instagram, Rabu (21/4/2021).

Di masa yang sulit ini, kata Sandiaga, kita harus mengingat kata-kata beliau “Habis Gelap Terbitlah Terang”.

“Ini bukan hanya sekedar refleksi emansipasi kaum perempuan, melainkan harus menjadi motivasi untuk tetap optimis bahwa badai pasti berlalu,” demikian tutup Sandiaga Uno.

Seperti diketahui, hari ini 21 April diperingati sebagai Hari Kartini 2021. Setiap tahunnya rakyat Indonesia memperingati hari lahir pahlawan nasional Raden Ajeng Kartini sebagai momen emansipasi wanita.


Raden Ajeng Kartini Djojo Adhiningrat yang merupakan tokoh emansipasi wanita lahir dari keluarga bangsawan. Darah bangsawan RA Kartini diperoleh dari garis keturunan ayahnya yang masih berkaitan dengan Sri Sultan Hamengkubuwono VI dan masih merupakan keturunan dari Kerjaan Majapahit.

R.A. Kartini lahir di Jepara pada 21 April 1879. Ayah RA Kartini adalah Bupati Jepara kala itu, Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat, sementara ibunya, MA Ngasirah, adalah seorang anak kyai di Jepara.

RA Kartini dinobatkan sebagai pahlawan nasional kemerdekaan Indonesia oleh Presiden Soekarno pada 1964. Semasa hidupnya Kartini sangat peduli pada pendidikan kaum pribumi, khususnya perempuan. Dia membangun sebuah sekolah khusus wanita di Rembang.

RA Kartini meninggal dunia pada usia 25 tahun dan dimakamkan di Desa Bulu, Kecamatan Bulu, Rembang. Usai kematiannya, surat-surat Kartini dikumpulkan dan diterbitkan dalam sebuah buku berjudul ‘Door Duisternis tot Licht’ atau Habis Gelap Terbitlah Terang. (wwn)

Share it:

Nasional

Post A Comment:

0 comments: