Proyek 10 Miliar Lebih Akan Jadi Dasar "GEJOLAK" Warga Terkait Pembangunan SPAM Mata Air Ciburial

Share it:


Bogor,(MediaTOR Online) - Informasi menghangat bahkan mulai panas soal SPAM di Kantor Cabang Pelayaan Unit Cisarua, Kecamatan Cisarua.

Dari sumber terpercaya warga sekitar lokasi SPAM Ciburial mulai terdampak. Aroma akan terjadi gejolak berawal dari hasil investigasi warga, terkait adanya pekerjaan pembangunan spam yang dinilai agaran proyek tersebut pantastis diatas 10 miliar lebih. Menurut petikan via Whats Ap (11/6/2021) yang disampaikan pada awak media. 

"Pada Rabu 2 Juni 2021 kami warga masyarakat Tugu melakukan penelusuran sampai kesumber mata air Ciburial (dokumentasi terlampir), kami terheran-heran dan terkaget-kaget. Melihat kondisi sumber mata air Ciburial saat ini yang dijadikan obyek wisata pemandian umum komersial oleh pihak pengusaha melalui Kerjasama Operasional (KSO)".

Lebih jauh menjelaskan kepada awak media, via terusan WA yang didapat. "Bahwa beberapa sumber yang kami tanya, juga kami semakin terheran-heran tidak jauh dari sumber mata air sedang dibangun. Bak penampung air berskala besar mengambil air langsung dari mata air Ciburial". Ujar sumber.

Selain dari petikan tulisan WA tersebut, ada data surat yang dikirimkan kepada wartawan sebagai dasar penyikapan untuk lebih jauh. 

Contoh penguatan tersebut terkait isi sebagian petikan surat yang dilayangkan masyarakat kepada PTPN VIII Gunung Mas cq. Administratur hal ini sontak memunculkan tanda tanya yang cukup besar bagi masyarakat kawasan Puncak karena ternyata ada praktek penguasaan sumber daya alam (SDA) tanpa melakukan mekanisme musyawarah dengan masyarakat pengguna mata air tersebut secara turun temurun yang meliputi 12 kampung. Nota bene warganya pengguna mata air Ciburial di Desa Tugu Selatan.

Awak media langsung melakukan konfirmasi terkait eksploitasi sepihak mata air Ciburial ini kepada beberapa tokoh masyarakat Tugu salah satunya disampaikan oleh Ust. Deden Abdurahman.

"Besok hari Sabtu 12 Juni 2021 jam 07.00 pagi kita dan masyarakat Tugu Selatan akan melaksanakan orasi dalam tunturan warga. Sekaligus kita menuntut keinginan warga atas air bersih tersebut," ujarnya.

"Besok titik kumpul di depan Balai Desa Tugu Selatan, lalu kita akan menuju mata air Ciburial" akunya. Ditambahkanya sebagai koordinator acara tersebut. Himbauan ini disampaikan tertulis. Jelasnya. (Gan)

Share it:

Bodetabek

Post A Comment:

0 comments: