BPPKAD Lampung Utara Gelar Rakor Percepatan PBB-P2

Share it:


Kotabumi,(MediaTOR Online) - Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Lampung Utara, menggelar rapat koordinasi (Rakor) percepatan Pajak Bumi dan Bangunan sektor Pedesaan dan Perkotaan, sekaligus penyerahan SPPT(PBB-P2 Tahun 2022), di Aula kecamatan abung pekurun, Rabu (25/5/2022).

Rakor yang diikuti  Camat,  serta Kades se-Kabupaten lampung utara, Danramil, Kapolsek (subsektor), KUA, puskesmas, pertanian, pendidikan, kesehatan, dalam upaya meningkatkan atau optimalisasi penerimaan PBB-P2 di wilayahnya.

Perwakilan BPPKAD Kabupaten Lampung Utara M Hasan, mengatakan, belum optimalnya penerimaan PBB-P2 tahun 2021, maka perlu dilakukan rakor ini untuk mengetahui segala permasalahan yang menjadi kendala dalam peningkatan PBB-P2 ini.




Rakor ini untuk meningkatkan PBB P2 melalui peran Kades se-kecamatan. Kita menyadari selama ini bahwa peran dari mereka sudah banyak kita rasakan, namun masih banyak kendala yang mungkin dihadapi yang perlu diperbaiki bersama. Untuk itu kami perlu mendengar masukan-masukan yang mungkin nanti akan berguna bagi kita bersama untuk melakukan peningkatan PBB P2 ini kedepannya,” jelas M Hasan.

Dari rakor ini, dikatakannya, terungkap bahwa berbagai permasalahan yang memang kerap dihadapi oleh para camat serta para Kades ini dalam upaya peningkatan PBB-P2.

Seperti data yang kurang update, masih ada data dobel, serta adanya kecemburuan sosial dimasyarakat. Seperti tanah/rumahnya kecil tapi bayarnya mahal, ada juga tanah/rumah besar tapi tagihan PBB mnya kecil, itu yang terjadi di lapangan, jelasnya.

"Oleh karena itu, pihaknya dalam waktu dekat akan melakukan pemutakhiran data secara masif yang sementara dilakukan di Kecamatan Abung pekurun.

Sementara Camat Abung Pekurun Bauhari, mengatakan, bahwa PBB-P2 merupakan salah satu sektor pendapatan murni diberikan pemerintah pusat kepada pemerintah daerah. Oleh karena itu harus betul-betul digali dan dioptimalisasi.

“PBB-P2 ini bukan hal yang baru serta bukan barang asing lagi, dan ini lah sampai hari ini yang menjadi permasalahan didalam peningkatan kesadaran masyarakat kita terhadap kepatuhan bayar PBB. Ini yang harus kita terus lakukan, semua demi pembangunan Pemkab Lampung Utara  kedepannya.

Dalam acara tersebut dilakukan juga acara pemilihan Ketua Kwaran Kecamatan. Terpilih menjadi Ketua Kwaran Kecamatan Aipda Syuhudsyah, sebagai Ketua Kwaran Kecamatan Abung Pekurun,  jelasnya.(Irfan)

Share it:

Daerah

Post A Comment:

0 comments: