Disdik Kota Bogor Siap Membuka Sirkas

Share it:
Bogor,(MediaTOR Online) - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor siap membuka Sirkas (sistem informasi rencana kegiatan anggaran sekolah). Apabila sekolah benar-benar sudah siap untuk merubah Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah (RKAS) Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Reguler 2020.

"Kalau betul-betul mereka (sekolah, red) sudah siap, kita buka sekarang juga. Tapi, hingga kemarin, kepala sekolah belum ada yang lapor," ujar  Sekretaris Disdik Kota Bogor Rita Tresnayanti, ketika dikonfirmasi  Wartawan MediaTOR belum lama menggatakan.

Rita yang juga Ketua Tim BOS Kota Bogor menyatakan, bila dibuka sekarang biasanya kesalahan lebih tinggi. Bahkan, bolak- balik menganti RKAS nya.

"Dipersilahkan sekarang merubah RKAS secara manual. Dan, begitu semua siap dan telah dilaporkan ke Disdik, kita akan buka," tandas Rita.

Tapi, Sentara itu Sekdisdik tidak mau memberikan jawaban ketika ditanya, kenapa dana BOS Daerah Kota Bogor triwulan pertama diterima sekolah hanya untuk membayar gaji guru honorer. Bayar litrik dan pam.

Tentang pengunaan dana BOS Reguler. Isinya, antara lain bukan 'hanya' tapi boleh untuk honor, dengan tidak ada pembatasan persentasi (sesuai Permendikbud No 19/2020), yang berlaku mulai April sampai selesainya pandemi covid 19.

Permen ini merupakan perubahan dari Permendikbud No 8/2020. Silahkan satuan pendidikan (satdik) merealisasikan sesuai kebutuhan dan RKAS.

Padahal, kata sejumlah kepala sekolah (Kasek) Sekolah Dasar (SD) ditiga Kecamatan, yaitu Kecamatan Bogor Tengah, Bogor Selatan dan Kecamatan Bogor Utara, beberapa kegiatan yang dibiayai dari dana BOS Daerah Kota Bogor telah dilaksanakan, sebelum terjadinya wabah Corona.

"Dana BOS Daerah Kota Bogor ditransfer ke rekening sekolah hanya untuk membayar gaji guru honorer. Jadi, biaya kegiatan yang telah dilaksanakan sebelum Covid 19, akan 'dibayarkan' setelah RKAS BOS Daerah Kota Bogor perubahan," kata para Kasek yang enggan  namanya tidak ditulis. (pa. Cik)
Share it:

Pendidikan

Post A Comment:

0 comments: