Wow Keren, Hasil Karya Limbah Kardus Bisa Bernilai Fantastik

Share it:


Bogor,(MediaTOR Online) - Dalam situasi menghadapi pandemi covid-19 yang sudah berjalan sejak beberapa bulan yang lalu, tentunya banyak berdampak disemua aspek. Apalagi, sekarang ini Kota Bogor sudah masuk  Zona Merah tak terkecuali dari segi ekonomi yang semakin dirasa sulit bagi mayoritas masyarakat Indonesia.


Sementara itu Djoko Suratno dalam menghadapi situasi pandemi corona Covid 19  dengan membuat guci berbahan limbah kardus sebagai maha karya yang memiliki nilai seni tinggi. Dan bisa menghasilkan income yang cukup menggiurkan untuk masa depan, ujarnya. 


"Sebetulnya ide dan awal mulanya bisa membuat guci yang berbahan dari limbah kardus dengan perekatnya menggunakan nasi ini adalah sejak 2009. Sewaktu saya masih domisili di Kota Malang,"tutur Djoko kepada media di kediamannya Jalan Kolonel Enjo Martadisastra Rt 002 Rw 012 Kelurahan Kedung Badak, Kecamatan Tanah Sareal, Selasa ( 08/09/20 ).


Dirinya mengakui, sewaktu tahun 2009 ketika permulaan membuat guci dengan karakter naga yang melilit, menurutnya bisa membuat sampai 50 jenis dengan berbagai model dan karakter.


"Mulai dari asbak, accesories, gantungan lampu hias, figura untuk photo dan termasuk berbagai jenis guci dengan berbagai karakter. Nilai jual yang bisa peroleh dari penjualannya ini mulai kisaran 250 ribu sampai dengan 7.5 juta. Tergantung dari berbagai ukuran tinggi dan diameternya," ungkap Djoko yang juga menjabat sebagai pengurus Bikers FKPPI Bogor.


Dengan proses serba manual, menurutnya, tidak menyulutkan semangatnya untuk bisa berkarya sekaligus menghasilkan. Adapun proses awal dimulai dari penghancuran limbah kardus, kemudian proses penjemuran dan pemerasan sampai hancur. Baru bisa dibentuk sesuai keinginan dengan tambahan nasi sebagai penguatnya dan dirinya mengklaim bisa lebih dari 5 tahun kekuatannya.


"Proses pembuatan secara serba manual satu guci dengan tinggi 1 Meter dan diameter 15 Cm bisa memakan waktu 1 minggu maksimal 10 hari. Sekarang sudah 2 guci yang hampir selesai, tinggal finising pemasangan kepala naganya saja. Saya berharap ke depannya hasil dari karya guci ini bisa memotivasi dan menularkan bagi masyarakat terutama rekan-rekan di Komunitas Bikers FKPPI Bogor," Katanya.


Informasi yang dihimpun oleh media, dua buah guci yang sedang proses hampir jadi ini akan diberikan dan diserahkan kepada Pengurus Daerah ( PD X ) KB FKPPI Jawa Barat, sebagai hadiah HUT FKPPI Ke 42 yang akan dilaksanakan di Pelabuhan Ratu pada 19 September 2020 mendatang.(Pa. Cik)

Share it:

Serba-serbi

Post A Comment:

0 comments: