Ketua Umum Bamus, Betawi adalah Suku Asli di Jakarta

Share it:


Jakarta,(MediaTOR Online) - Ketua Umum Bamus (Badan Musyawarah) Betawi 1982 Haji Zainuddin atau Bang Oding mengatakan bahwa etnis atau suku adalah satu kesatuan kelompok masyarakat berdasarkan kesatuan bahasa, budaya dan asal usul.

Suku Betawi telah ada di Jakarta sejak ribuan tahun yang lalu dan telah mewarisi bahasa, budaya dan adat istiadat yang asal usulnya berakar dan bersumber dari nenek moyang. Sampai saat ini warisan tersebut masih terpelihara dengan baik dan hidup berkembang di tanah Betawi dan Jabodetabek dan menempati urutan ke 5 di Indonesia.

Dalam bahasa Inggris tertulis etnic yg artinya dalam bahasa Indonesia etnis atau suku. Kalau ada yg mengatakan Betawi bukan suku hanya baru sebatas etnis sama dengan saat ditanya : "apakah ini kopi hitam ?" Jawabannya : "Bukan, ini black coffe", ha ha ha," kilahnya.

Untuk tidak membuat kesalahan fatal tentang pemahaman ini maka perlu pembenahan ormas betawi agar dipimpin oleh orang betawi asli dalam konteks menjaga kemurnian tatanan bahasa, budaya dan adat istiadat betawi.(wwn/hrs)

Share it:

Serba-serbi

Post A Comment:

0 comments: