Optimalkan Pelayanan, Perumda Air Minum Tirta Kahuripan Cabang Kedung Halang Membersihkan Jaringan

Share it:

Bogor,(MediaTOR Online) - Untuk menjaga kualitas air yang didistribusikan kepada pelanggan, Perumda Air Minum Cabang Kedung Halang melakukan air scouring  atau pembersihan jaringan pipa dari endapan, yang kemudian dibuang di saluran pipa pengurasan) di Perumahan Duta Kencana 2 Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor. Kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap bulannya ini dilakukan agar air yang terdistribusi ke pelanggan tidak keruh.

Kepala Cabang Pelayanan Kedung Halang Afriliyani mengatakan “kegiatan air scouring dilakukan berdasarkan adanya keluhan dari pelanggan yang dikarenakan airnya keruh.Tujuan dari air scouring ialah untuk mencuci jaringan, sehubungan air yang didistribusikan ke pelanggan adalah air hasil olahan pasti terdapat endapan endapan. Dan secara teknis kita menggunakan kompresor  bertekanan tinggi untuk membuang endapan endapan yang ada dijaringan pipa ke saluran pipa pengurasan.

Seorang petugas bersama Kepala Cabang Pelayanan Kedung Halang Afriliyani mengecek tingkat kadar kekeruhan air menggunakan Turbidimeter di saluran pembersihan Perumahan Duta Kencana 2.


Sebelum kegiatan ini dilakukan, Perumda Air Minum Tirta Kahuripan Cabang Kedung Halang menghimbau seluruh pelanggan di Duta Kencana 2 untuk menampung air terlebih dahulu. Karena kegiatan ini menyebabkan gangguan pengaliran air bersih namun diupayakan air dapat mengalir kembali secara normal kepada pelanggan.

Pelaksanaan air scouring dinyatakan berhasil apabila jika tingkat kekeruhan air di bawah 5 Ntu, berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 492 Tahun 2010 kadar maksimum yang diperbolehkan sebe sar 5 Ntu  . “Nah untuk mengeceknya di saluran pipa pengurasan kami menggunakan Turbidimeter yaitu alat untuk mengecek kadar kekeruhan air. Untuk besok kami akan lanjut air scoring di perumahan Bogor Upaya Griya yang total jumlah pelanggan 428 SL. ( Zai )

Share it:

Profil

Post A Comment:

0 comments: