Minta Rakyat Hemat, SBY Harus Beri Contoh

Share it:
Jakarta,(MediaTOR)
    Semua  penguasa sejak era penjajahan hingga kini, belum pernah meminta agar rakyat mengendurkan ikat pinggang. Sebaliknya, mereka meminta agar rakyat yang berada di bawah kuasanya, mengencangkan ikat pinggang. Dengan kata lain, rakyat boleh lapar, tapi mereka tetap kenyang.
Pesiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) belum lama ini, mengajak masyarakat untuk hemat BBM dan listrik. Namun masyarakat meminta SBY untuk memberi contoh terlebih dahulu.
Banyak masyarakat melihat pemerintah masih boros dengan berbagai belanja-belanja tak penting dan cenderung boros, serta perjalanan-perjalanan dinas yang terlalu banyak memakan anggaran.
Akun komentar bernama Tallest menyatakan SBY harga memberi contoh dan teladan untuk melakukan penghematan seperti pengurangan perjalanan dinas dan menghentikan pembelian mobil dinas pejabat.
"Andai saja anda memberi contoh dan menjadi teladan dengan melakukan penghematan seperti mengurangi perjalanan keluar negeri, menghemat belanja kementerian/lembaga, membatalkan pembelian pesawat kepresidenan, mengurangi pemakaian listrik di kementerian/lembaga, menghentikan pembelian mobil dinas pejabat, mengurangi staf anda yang kurang kerjaan, dan lainnya, saya haqqul yakin seluruh rakyat akan mengikuti anjuran anda," tutur akun Tallest tersebut.
Kemudian, pemilik akun Rickbonet menyatakan, penghematan anggaran harus dimulai dari pejabat negara.
"Baiklah bapak, klo gitu penghematan mulai dari pejabatnya dulu, pejabat kekantor nggak usah pakai mobil, PNS, TNI/Polri yang tidak produktif silakan dipensiun dini kan dari pada ke kantor main game atau baca koran mending suruh wiraswasta saja, uangnya dari pesangon, hapuskan jatah-jatah BBM untuk pejabat...banyak sih kalo mau hemat beneran," katanya.
Selain itu, ada juga komentar-komentar yang meminta pemerintah untuk menghapuskan anggaran belanja birokrat untuk dipangkas. Kemudian soal pemangkasan perjalanan dinas ke luar negeri berkedok studi banding yang tidak ada hasilnya.
Belum lagi soal pengawal presiden yang banyak dan boros menggunakan BBM. Jadi kalau mau meminta rakyat untuk berhemat, pemerintah harus menghemat terlebih dahulu.(AY/BPT/BT/EKA)
Share it:

Nasional

Post A Comment:

0 comments: