Program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat Dilaksanakan di Cigombong

Share it:

Bogor, (MediaTOR) - Masyarakat Desa Srogol Kecamatan Cigombong Kabupaten Bogor mendapat bantuan bahan bangunan pembuatan jamban atau WC dalam program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). Penyerahan bahan bangunan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Alex Santosin Kepala Desa Srogol, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, penyerahan bahan bangunan tersebut dihadiri oleh Camat Cigombong, KUPT Kesehatan Cigombong, Fasilitator Kesehatan, Bidan Desa Srogol dan Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor.
Alex Santosin Kepala Desa Srogol kepada mediaTOR mengatakan, Sanitasi Total Berbasis Masyarakat adalah program pemerintah melalui dinas kesehatan dan STBM ini murni hasil swadaya masyarakat, Kami ingin mayarakat khususnya masyarakat desa srogol ada perubahan dalam menuju hidup sehat, diantaranya, tidak ada lagi masyarakat yang membuang air besar (BAB) disembarang tempat,baik dikebun maupun disungai, dengan adanya program STBM ini Kami berharap masyarakat bisa memahami tentang hidup yang sehat.
Didesa srogol ada 50 titik atau rumah yang tidak memiliki jamban, selaku Kepala Desa Kami akan mengupayakan bagi masyarakat yang tidak memiliki septitank atau closite,semen dan paralon akan Kami berikan secara gratis atau Cuma Cuma, agar tidak ada lagi masyarakat yang BAB disembarang tempat dan masyarakat bisa menjaga kebersihan lingkungan beersama.
Kami akan melaksanakan 5 pilar hidup sehat seperti diantaranya, tidak BAB sembarangan, Cuci tangan pakaI sabun dan peran sampah.
Kami berharap masyarakat agar bisa menggunakan dan menjaga serta merawat apa yang telah Kami berikan. Busrowi Camat Cigombong kepada mediaTOR mengatakan,STBM ini program yang sangat bagus karena yang kita tonjolkan bukan hanya bantuannya tapi keterlibatan masyarakat dalam hal menciptakan hidup yang bersih dan sehat, dan agama juga jelas mengatakan kebrsihan sebagian dari pada iman. Pelaksanaan STBM ini murni swadaya masyarakat dengan menggunakan potensi yang ada baik tenaga masyarakat, pasir, bambu, penyuluh maupun potensi lainnya yang ada didesa.Kami berharap dengan adanya Program STBM di Kecamtan CIgombong ini masyarakat bisa menjaga kekompakan dan saling membantu menjaga kebersihan lingkungan dengan merubah prilaku kehidupan agar ke depan bisa menuju hidup sehat.
Cecep Suryana Kepala UPT Kesehatan Cigombong kepada mediaTOR juga mengatakan,Untuk bisa hidup bersih dan sehat tidak lepas dari menjaga kebersihan dari dalam rumah tangga masyarakat itu sendiri,ya seperti jangan buang air besar sembarangan (BABS),Kami selalu melakukan sosialisasi baik melalui petugas yang ada didesa maupun petugas yang ada dilapangan yang sudah terprogram,yang sudah Kami jadwalkan setiap bulannya. Kami berharap masya`rakat bisa menjaga pola hidup sehat dengan tidak melakukan BABS. Raida Kasie Kesehatan Lingkungan Dinas Kabupaten Bogor kepada mediator mengatakan, Dengan adanya program STBM ini Kami mengharapkan masyarakat bisa merubah prilakunya dari prilaku tidak sehat menjadi prilaku yang sehat,diantara lain Kami akan mengembangkan 5 Pilar,yakni,Stop BAB sambarangan,Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS),Menyiapkan Air Bersih,Penangan Makanan yang Sehat dan Limbah rumah tangga,dalam momen yang dihadiri oleh camat ini diharapkan kedepan kebersihan dan kesehatan masyarakat bisa terjaga dan meningkat,agar kedepan masyarakat bisa hidup bersih dan sehat. Gunawan dan Wisaca Fasilitator Kesehatan Lingkungan kepada mediaTOR menambahkan, Kami siap mendukung program pemerintah dan siap mendobrak agar masyarakat bisa hidup sehat. (Eddy W)

Share it:

Daerah

Post A Comment:

0 comments: