Terkait Dugaan Dana Hibah Fiktif, Disdik Kota Bekasi Harus Bertanggungjawab

Share it:
 Bekasi,(Koran Mediator.Com) - Indikasi penggunaan dana hibah fiktif 2014 yang dilakukan Taman Kanak-Kanak Quran (TKQ) Insan Kamil, yang berlokasi di Bekasi Timur tanpa ada kegiatan yang nyata, perlu menjadi perhatian Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi, khususnya Dinas Pendidikan sebagai dinas yang memberikan dana tersebut.
    Demikian yang dikatakan Ketua DPC LSM Transparansi Anggaran Pembangunan dan Asset Negara (TRAPAN), Marudut Manalu kepada Koranmediator.com, Selasa (7/7/2015).
    "Dinas Pendidikan terutama Bidang Paud dan Non Formal yang mengawasi penggunaan dana hibah tersebut, jangan sampai dana hibah TKQ Insan Kamil dibiarkan tanpa ada kegiatan alias fiktif," jelasnya.
    Untuk itu, Marudut menegaskan perlunya pengawasan dari Dinas Pendidikan karena wewenang dan tanggungjawab terhadap semua dana hibah yang diberikan Disdik kepada masyarakat, apalagi sampai bulan Juli 2015 ini, dana hibah TKQ Insan Kamil yang menggunakan anggaran 2014 tidak jelas penggunaannya. 
    "Transparansi penggunaan anggaran negara harus bisa dipertanggungjawabkan jangan sampai uang negara dipergunakan untuk kepentingan pribadi," ungkapnya.
    LSM Trapan pun meminta kepada Pemkot Bekasi, untuk lebih ketat melakukan pengawasan dan pertanggungjawabannya terhadap dana hibah yang nilainya mencapai miliaran yang selama ini sudah dikucurkan ke masyarakat.
    Menanggapi hal ini Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Asset Daerah (BPKAD), Yayan Yuliana memperingatkan kepada SKPD sebagai dinas tekhnis yang seharusnya punya kewenangan untuk mengawasi dan meminta bukti laporan penggunaan dana hibah tersebut.
    "Seharusnya dinas tekhnisnya yang mengawasi dan meminta pertanggungjawaban penggunaan dana hibah tersebut," jelas Yayan.
    Yayan pun menyayangkan jika Dinas Pendidikan terutama Kepala Bidang Paud dan Non Formal tidak mau bertanggungjawab dan membiarkan penggunaan anggaran dana hibah yang mereka berikan tanpa ada pengawasan.
    Dalam pemberitaan sebelumnya, disebutkan TKQ Insan Kamil yang berlokasi di Jl Kartini, Bekasi Timur mengakui telah menerima dana hibah dari Dinas Pendidikan Kota Bekasi sebesaar Rp 20 juta namun sampai saat ini belum ada kegiatan pembangunan atau perbaikan sekolah TK tersebut, seperti usulan yang  mereka ajukan ketika meminta dana bantuan kepada Pemkot Bekasi pada tahun 2014.(Sf)
Share it:

Pendidikan

Post A Comment:

0 comments: