Jelang PTQ Ke-53, RRI Selenggarakan Pengukuhan Dewan Hakim dan Panitera

Share it:

Jakarta, (MediaTOR Online) -  Kegiatan PTQ LPP RRI Tingkat Nasional akan diselenggarakan di Kendari, Sulawesi Tenggara dengan tema "Mewujudkan Masyarakat Toleran Berkarakter Qur'ani untuk Indonesia Kuat".

Untuk melengkapi kegiatan secara sempurna, RRI melakukan pengukuhan dewan hakim dan panitera PTQ ke-53. Acara mulai digelar, Selasa (21/2/2023).

PTQ LPP RRI Tingkat Nasional di Kendari, Sulawesi Tenggara


Penyelenggaraan PTQ dibagi dengan kategori Lomba Tilawah, Tausiah (pidato atau ceramah), Tahfidz Quran dan Tartil Qur'an khusus untuk difabel sensorik netra. Baik tingkat Satker maupun Tingkat Nasional, adalah wujud peran serta LPP RRI berkontribusi dalam syiar agama Islam, terutama di bulan Ramadhan.

Tujuan dari penyelenggaraan ini adalah pembinaan mental spiritual bagi umat muslim dalam memahami dan menguji kemampuan pendalaman kitab suci Al-Qur'an. Sebagai panduan beragama dan implementasinya dalam kehidupan sehari-hari.

Peserta yang maju ke babak final adalah peserta hasil seleksi dari babak semi final yang ditetapkan oleh Dewan Hakim. Jumlah peserta tilawah yang tampil di babak final adalah enam orang Qori dan enam orang Qori'ah.

Jumlah peserta tausiah yang tampil di babak final adalah masing-masing enam orang peserta putera dan puteri. Jumlah peserta peserta yang tampil di babak final adalah masing-masing enam orang peserta hafidz dan hafidzah.

Nantinya untuk lomba tilawah dilaksanakan oleh satker RRI seluruh Indonesia. Setiap Satker RRI memberikan kesempatan terbuka kepada masayrakat yang mempunyai minat baca dan memahami kitab suci Al-Quran.

Pelaksanaan lomba tausiah baik di tingkat Satker atau Daerah maupun di tingkat Korwil, tema maupun materinya disesuaikan dengan aspek-aspek yang terkait kehidupan sehari-hari. Pokok materinya tetap bersumber dari Kitab Suci Al-Quran dan Hadits.

Sedangkan lomba tausiah di tingkat nasional tema atau materi ditentukan melalui pengundian. Tetap bersumber dari kitab suci Al-Quran dan Hadits.

Acara dihadiri oleh Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama (Kemenag) Kamaruddin Amin. Acara akan digelar di Auditorium Yusuf Ronodipuro di LPP RRI, Jakarta.

Untuk pelaksanaan lomba Tahfidz Qur'an tingkat nasional tahun 2022 M/1444 H adalah Tahfid 15 Juz. Dimulai dari Juz 1 awal sampai dengan Juz 15.

Terakhir untuk pelaksanaan lomba Tartil Qur'an Tingkat Nasional tahun 2023 M/1444 H adalah hasil seleksi tingkat korwil, masing-masing korwil mengirimkan satu orang peserta putra/putri.***

Share it:

Nasional

Post A Comment:

0 comments: