Partangiangan Bonataon Punguan Opung Mulia Raja Sihombing Lumbantoruan Boru Dohot Bere Sejabodetabek

Share it:

     Penyerahan AD/ART Punguan Ketua           Umum dan Pengurus yang terpilih.


Jakarta,(MediaTOR Online) - Pesta Partamiangan ini dilaksanakan adalah sebagai wujud ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkatNya kepada keturunan Opung Mulia Raja Sihombing Lumbantoruan Boru Dohot Bere Sejabodetabek dan juga sebagai simbol persatuan dan kesatuan untuk melestarikan nasehat yang di wariskan oleh para leluhur nenek moyang kita dulunya serta momentum untuk menjalin tali silaturahmi dan kepedulian terhadap Bona Pasogit. Pesta Partangiangan ini di harapkan memiliki makna yang dalam, sebagai pemulihan dan penyegaran iman bersama.

Pesta Partangiangan Opung Mulia Raja Sihombing Lumbantoruan Boru Dohot Bere, untuk menambah kasanah humanisme serta memupuk rasa kepedulian untuk melesetarikan adat istiadat budaya tradisional yang telah di wariskan oleh leluhur kita sebagai peneguhan kembali tali persaudaraan yang kompak dan solid, bagi keluarga besar keturunannya. Yang diadakan di Aula Fakultas Ekonomi Lt 3 Gedung AB UKI Cawang Jakarta Timur. Minggu, tanggal 19 Februari 2023.

Sambutan dari Mangibul Sihombing Lumbantoruan Ketua Umum  Punguan Ompu Mulia Raja Sihombing Lumbantoruan Boru Dohot Bere Se Jabodetabek, yang terpilih periode 2022 - 2026.

Hal ini sejalan dengan thema  yang di ambil dari Filipi 2 ayat 2b :  "Hendaklah Kamu Sehati, Sepikir Dalam Satu Kasih, Satu Jiwa, Satu Tujuan" dan Sub Thema “Dengan Semangat Bonataon, Kita Eratkan Tali Kasih Persaudaraan Sesama Pomparan Opung Mulia Raja Sihombing Lumbantoruan Boru Lubis, Di dalam Kasih Yesus Kristus Tuhan Kita".

Sambutan dari Ketua Panita Bonataon Punguan Ompu Mulia Raja Sihombing Lumbantoruan Boru Dohot Bere SeJabodetabek, Mangulahi Sihombing Lumbantoruan

Pesta Partangiangan di awali kebaktian votum dan pembukaan oleh Efroni Sitompul serta Pengkhotbah Pdt Jhon Reinhart Sihombing Lumbantoruan dan Doa Syafaat dr P. Sihombing Lumbantoruan.

Melalui Pesta Partangiangan ini di harapkan semakin menumbuhkan rasa kebersamaan serta semangat dan lebih kompak lagi sesama keluarga besar, di harapkan semakin peduli, tali kasih dan saling bahu membahu atau tolong menolong baik dalam suka terlebih dalam duka. Bahwa pertalian darah yang cukup kuat di antara keturunan Opung Mulia Raja Sihombing Lumbantoruan Boru Lubis ini harus di jaga dan di rawat untuk generasi yang akan datang, agar tidak sirna.

Penasehat Punguan Opung Mulia Raja Sihombing Lumbantoruan Boru Dohot Bere SeJabodetabek


Tatkala semangat dari Dalihan Natolu harus terus di lestarikan untuk menunjukkan eksistensinya dan untuk membesarkan perkumpulan keturunan Opung Mulia Raja Sihombing Lumbantoruan Boru Dohot Bere Sejabodetabek. Adapun demikian generasi penerus atau keturunannya harus tetap menjunjung tinggi falsafah suku Batak yang di kenal dengan 

“ *Dalihan Natolu* ” yaitu Somba Marhula-hula, Elek Marboru dan Manat Mardongan Tubu. 

Bersamaan dengan Partangiangan ini di laksanakan Pelantikan Pengurus Opung Mulia Raja Sihombing Lumbantoruan Boru Lubis Sejabodetabek periode 2022 - 2026.

Ketua Panitia Partangiangan Bonataon Punguan Ompu Mulia Raja Sihombing Lumbantoruan Boru Dohot Bere SeJabotabek, Mangulahi Sihombing Lumbantoruan, dalam sambutannya mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh pengurus, Sekertaris, Bendahara, Bidang Kerohanian, Bidang Adat dan Komisaris Oppu yang telah melaksanakan tugasnya secara maksimal sehingga program dapat berjalan dengan baik, begitu juga dengan keluarga besar kita yang ikut berperan penting sehingga bisa terlaksananya dengan baik acara ini. Dengan harapan bisa berkesinambungan untuk kedepannya.

Sementara Ketua terpilih Parsadaan Opung Mulia Raja Sihombing Lumbantoruan Boru Lubis Periode 2022-2026, Mangibul Sihombing Lumbantoruan dalam sambutannya meminta dukungannya akan meneruskan program, di antaranya meneruskan pelatihan kader Parsinabul/protokol, mengoptimalkan naposo ni punguan dan berupaya memulai berpartisipasi terkait kemajuan di akan datang.

“Menjunjung tinggi kebersamaan dan peduli untuk melestarikan ajar sejarah budaya, dan adat istiadat, apalagi perkumpulan seperti ini harus berlapang dada, bersabar, tidak tinggi hati,  sombong, sirik, iri dan dengki, dan harus mampu merendah hati. Tatkala hal program kita tidak memiliki rencana yang berlebihan, sederhana saja dan kita tinggal melanjutkan dan meningkatkan program kerja pengurus lama,’ tegas Mangibul Sihombing Lumbantoruan.

Susunan Pengurus Opung Mulia Raja Boru Lubis Serta Boru Dohot Bere Sejabodetabek. Periode Tahun 2022  -  2026.


Penasehat :

1. Sahat Sihombing Lubantoruan/ Br Sianipar.

2. Lukman Lumbantoruan/Br Simanungkalit.

3. dr. Parlinggoman Lumbantoruan/Br Sianipar.

4. dr. Regen Sihombing Lumbantoruan/Br Tampubolon.

5. Luhut Sihombing Lumbantoruan/Br Silitonga

6. Suaduon Sihombing Lumbantoruan/Br Marpaung.

7. Sagom Sihombing Lumbantoruan/Br Hutapea

8. Betram Sihombing Lumbantoruan/Br (+) Lbn Tobing.

9.Togar Sihombing Lumbantoruan/Br Lbn.Tobing.


Pengurus Inti : 

*Ketua Umum* : Mangibul Sihombing Lumbantoruan Br. Simamora ( Pomparan Raja Silamen ), 

*Wakil Ketua 1*. 

Petrus Sihombing Lumbantoruan Br. Siregar ( Pomparan Guru Sijuangon ) 

*Wakil Ketua 2*. 

Binsar Sihombing Lumbantoruan Br Panjaitan. ( Pomparan Datu Sijentan )

*Sekertaris Umum* Mangulahi Sihombing Lumbantoruan/Br. Hasugian 

*Bendahara Umum* A.Simanjuntak/Br. Sihombing Lumbantoruan.

*Bidang Rohani*:

 Efroni Sitompul/Br Sihombing Lumbantoruan. 

Bidang Adat 

1. St.Tigor Sihombing Lumbantoruan/Br Nababan.

2. Mangonar Sihombing Lumbantoruan/Br Panjaitan.

3. Krisman Sihombing Lumbantoruan/Br Simanjuntak.

Pesta Partangiangan di adakan acara manortor. Setelah itu tortor suhut/panitia dan pengurus, tortor remaja dan naposobulung, serta tortor anak-anak. Acara yang berlangsung cukup meriah dan penuh sukacita tersebut menerapkan protokol kesehatan dan di akhiri dengan menyanyikan lagu :

*O Tano Batak*.


*Horas, Horas, Horas*


*Tondi Madingin Pir Tondi Matogu.*

*Sai Tuhan Ma Na Mangiring-iring Asa Leleng Hita Mangolu.*

( *Binsar JS* )

Share it:

Seni dan Budaya

Post A Comment:

0 comments: