Polres Bogor Luncurkan Program Polisi RW dan Mengajar

Share it:

Bogor,(MediaTOR Online) - Dalam rangka menudahkan menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), polisi kini diberikan tugas tambahan yaitu membantu pembinaan masyarakat.

Program Polisi Rukun Warga (RW) diluncurkan di wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat (Jabar) baru-baru ini. Sebanyak 1.200 personel Polres Bogor disebar di 3.600 RW yang ada di Kabupaten Bogor.

Kapolres Bogor AKBP Dr Iman Imanuddin SH SIK MH mengatakan, sebanyak 1.200 personel Polres Bogor disebar di 3.600 RW yang ada di Kabupaten Bogor.


Hari ini kami mulai me-launching program Polisi RW dan Polisi Mengajar, yang akan diselenggarakan di wilayah Kabupaten Bogor,” kata Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin kepada wartawan, Senin (8/5/2023).

Setiap polisi yang dikerahkan bertanggung jawab terhadap tiga RW. Selain menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), polisi tersebut ditugaskan membantu pembinaan masyarakat.

“Polisi RW tergelar setiap satu anggota Polri bertanggung jawab melakukan pembinaan dan membawahi 3 RW di seluruh Kabupaten Bogor. Polisi RW ini akan berada di tengah-tengah masyarakat di setiap RW untuk melakukan pembinaan kamtibmas,” tuturnya.

Dengan adanya kehadiran Polisi RW itu, Iman berharap masyarakat bisa lebih mudah apabila membutuhkan polisi. Terdapat nomor telepon Polisi RW yang bisa dihubungi oleh masyarakat.

“Tinggal scan barcode, di sana sudah ada nomor telepon Polisi RW-nya, Bhabinkamtibmasnya, juga ada nomor 110 yang bisa dihubungi kapan saja,” ungkapnya.

Selain permasalahan kriminal dan pembinaan, kehadiran Polisi RW tersebut diharapkan bisa menjadi mediator masalah antartetangga yang terjadi. Jadi masalah tersebut bisa diselesaikan dengan musyawarah.

“Kami hadir untuk bersama-sama dengan masyarakat memecahkan berbagai permasalahan yang ada di tengah-tengah masyarakat. Apapun itu, baik itu masalah adanya dugaan kriminalitas, kemudian gangguan kamtibmas lainnya, atau masalah antar tetangga mungkin yang bisa diselesaikan dengan musyawarah. Di situ kehadiran kami sebagai fasilitator,” imbuhnya.

Hadir dalam kesempatan itu Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan. Dia turut mengapresiasi program Polisi RW tersebut. Dia juga telah menginstruksikan berbagai jajaran di wilayahnya agar ikut bekerjasama.

“Saya juga sudah menginstruksikan untuk para camat untuk menindaklanjuti di bidang teknis. Teruntuk Kades, bagaimana pengaturannya dan kepada Kadisdik yang polisi mengajar, domainnya ada di disdik teknis nya harus ditindak lanjuti,” kata Iwan.

“Panduannya sudah dikasih, tinggal buka barcode apa yang diajarkan. Mudah-mudahan isinya dari mulai pemberdayaan masyarakat dan pencegahan tawuran sudah lengkap,” sambungnya.(D.Sumirat)

Share it:

Bodetabek

Post A Comment:

0 comments: