Iwan Setiawan Minta Jajarannya Agar Lebih Dukung Koperasi Di Kabupaten Bogor Agar Lebih

Share it:


Cibinong,(MediaTOR Online) - Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan minta seluruh jajarannya untuk mendukung gerakan koperasi di Kabupaten Bogor agar lebih maju dan berkembang. Hal ini ia tegaskan pada peringatan Hari Koperasi ke-76, di halaman kantor Dinas Koperasi dan UKM (Diskop UKM) Kabupaten Bogor, Cibinong, Rabu (12/7).

Hadir pada acara tersebut, Sekretaris Komisi II DPRD Kabupaten Bogor, Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Bogor, Ketua Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Bogor, jajaran kepala perangkat daerah dan camat di lingkup Pemerintah Kabupaten Bogor.

“Semangat Hari Koperasi ke-76 ini bukan hanya sekedar seremonial belaka, tapi kita harus mewujudkan esensinya yakni mengembangkan eksistensi koperasi di wilayah Kabupaten Bogor. Saya mengapresiasi ketua Dekopinda Kabupaten Bogor yang selalu menjalin komunikasi dengan kami, saya perintahkan jajaran perangkat daerah dan para camat untuk ditindaklanjuti,” tandas Iwan.


Iwan mengungkapkan, dirinya mencatat aspirasi dari Dekopinda Kabupaten Bogor. Pada kesempatan tersebut ia minta seluruh jajaran camat dan perangkat daerah, baik yang langsung atau tidak langsung berkaitan dengan perkoperasian untuk mendukung setiap kegiatan koperasi yang ada di Kabupaten Bogor, agar lebih baik, lebih maju, dan lebih berkembang.

“Memajukan koperasi dibutuhkan landasan hukum yang kuat sebagai pegangan bagi semua pihak, baik pemerintah, masyarakat, aparat penegak hukum, dan pihak-pihak lainnya. Saat ini Kementerian Koperasi dan UKM tengah menyusun Rancangan Undang-Undang (RUU) perokoperasian sebagai pengganti Undang-Undang nomor 25 tahun 1992 tentang perkoperasian,” jelas Iwan.

Ia menambahkan, RUU perkoperasian ini dirancang untuk mendorong koperasi lebih adaptif terhadap perubahan dan perkembangan ekonomi, teknologi, sosial dan budaya secara global. Dengan adanya pembaharuan undang-undang perkoperasian ini kita berharap koperasi mampu menjawab tantangan zaman dan memiliki daya saing dan daya sanding yang besar.

Ketua Dekopinda Kabupaten Bogor, Pepi Januar Pelita berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Bogor karena telah berkontribusi untuk tetap mendukung dan mendorong roda gerak dan laju Dekopinda, sehingga tetap konsisten mewujudkan tri fungsi Dekopinda yaitu fasilitasi, edukasi, dan advokasi.

“Saya berharap agar seluruh perangkat daerah dan para camat juga memberikan perhatian terhadap gerakan masyarakat sadar berkoperasi. Dekopinda sebagai wadah aspirasi akan dengan senang hati terlibat dalam gerakan tersebut,” tutur Pepi.

Pepi juga menerangkan, Dekopinda ingin pastikan peringatan hari Koperasi tahun ini adalah bentuk kerja sama yang harmonis, antara Pemkab Bogor, Dekopinda, para pimpinan pusat koperasi, serta koperasi dan UMKM se-Kabupaten Bogor.

“Koperasi dan UMKM seperti dua sisi mata uang. Koperasi yang hebat adalah koperasi yang konsisten membina dan mendampingi UMKM, dan UMKM yang hebat adalah UMKM yang berkoperasi,” terang Pepi.  

Peringatan Hari Koperasi ke-76 tingkat Kabupaten Bogor juga dimeriahkah dengan bazar produk UMKM Kabupaten Bogor, fashion show batik dari kampung batik Kecamatan Kemang, serta pembagian bantuan mesin pembuat dodol kepada 33 pelaku usaha dodol di Kecamatan Tenjo dari Pemkab Bogor. Salah satunya adalah Nurseha, pelaku UMKM Dodol Tenjo Bumi Sari.

“Saya berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Bogor karena sudah memberikan perhatian dan bantuan untuk UMKM kecil seperti kami. Dengan bantuan mesin pembuat dodol ini, insya Allah usaha Dodol Tenjo yang kami jalani bisa lebih baik ke depan. Dan semoga koperasi-koperasi di Kabupaten Bogor semakin maju berkembang,” ujar Nurseha.

Selanjutnya, Pelaku UMKM Kabupaten Bogor, Eka Puspiantari yang turut memeriahkan hari Koperasi ke-76 tingkat Kabupaten Bogor dengan mengikuti bazaar produk UMKM berharap, pada momentum tersebut keberadaan koperasi bisa meningkatkan usaha para pelaku UMKM di Kabupaten Bogor.(Zay)

Share it:

Bodetabek

Post A Comment:

0 comments: