Wartawan Senior Wilmar Pasaribu Terpilih Kembali Sebagai Koordinatoriat PWI Pengadilan Negeri dan Kejaksaan Negeri Jakarta Utara

Share it:

Jakarta, (MediaTOR Online) - Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jaya DKI Jakarta, Sayid Iskandarsyah melantik jurnalis senior Wilmar Pasaribu dari media Suarakarya.id menjadi Ketua Koordinatariat Seksi Hukum Pengadilan Negeri (PN) dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Jakarta Utara periode 2023 hingga 2026, Jumat (15/9/2023).

Wilmar Pasaribu saat menerima pengukuhannya kembali sebagai Koordinatoriat PWI PN/Kejari Jakarta Utara dari Ketua PWI Jaya DKI Jakarta Sayid Iskandarsyah

Pelantikan wartawan Suarakarya.id Wilmar Pasaribu ini merupakan yang kedua kalinya  terpilih secara aklamasi. Acara pelantikan tersebut dilakukan di Kantor PWI Jaya, Gedung Prasada Sasana Karya lantai 9 Jalan Suryopranoto, Jakarta Pusat, Jumat (15/9/23).

Selain dihadiri Ketua PWI Jaya, Sayid Iskandarsyah, acara pelantikan tersebut juga dihadiri para pengurus PWI Jaya lainnya yakni Penasehat PWI Jaya, A Ristanto, Wakil Ketua Bidang Organisasi PWI Jaya Irmanto, Wakil Ketua Bidang Pembelaan PWI Jaya, Arman Suparman dan Ketua Seksi Hukum PWI Jaya Umi Sjarifah serta Wakil Ketua Umum Peradi SAI, advokat senior Jhon SE Panggabean.

Koordinatoriat PWI PN/Kejari Jakarta Utara terpilih pose bersama anggota dan pimpinan PWI Jaya DKI Jakarta

Ketua PWI Jaya DKI Jakarta Sayid Iskandarsyah dalam sambutannya terlebih dahulu memberikan ucapan kepada Wilmar Pasaribu yang sudah sah menjabat sebagai Koordinator Seksi Hukum Pengadilan Negeri dan Kejari Jakarta Utara.

“Kami ucapkan selamat kepada bapak Wilmar Pasaribu yang telah sah menjabat sebagai Koordinatoriat PWI Pengadilan dan Kejaksaan Negeri Jakarta Utara untuk periode kedua kalinya,” ujarnya.

Sayid juga berharap agar Koordinator terpilih ini bisa mengemban amanat organisasi di PWI. Karena organisasi PWI merupakan konstituen Dewan Pers yang terbesar di Indonesia.

Selain itu Sayid Iskandar juga berpesan kepada insan pers DKI Jakarta agar senantiasa menjaga marwah lembaga pers sesuai Undang-Undang Pers Nomor 40 tahun 1999. Khususnya kepada Ketua Koordinatoriat Seksi Hukum PN dan Kejari Jakarta Utara, tidak perlu khawatir dengan desakan sejumlah pewarta untuk lengser.

“Tidak perlu khawatir, kami akan tetap mendampingi setiap permasalahan para anggota PWI sepanjang masih dalam koridor kode etik dan undang-undang pers,” tegas Ketua PWI Jaya.

Sayid Iskandarsyah menegaskan PWI adalah organisasi memiliki jumlah anggota yang terbanyak di Indonesia. Anggota PWI diperkirakan tercatat 16.000 dan dinyatakan kompeten sebagai wadah wartawan-wartawan profesional.

Sayid juga menegaskan, dari data yang dimilikinya anggota PWI pun jauh lebih banyak jumlahnya dibandingkan dengan organisasi pers lainnya.

“Sangat jauh dengan organisasi-organisasi pers lainnya. Maksud saya hanya mau ngasih data ini agar anda harus percaya diri. Karena untuk menjadi anggota PW itu tidak mudah, banyak syaratnya, iya ujian untuk menjadi anggota dan melakukan Uji Kompetensi Wartawan (UKW),” tuturnya.

Sementara itu Wilmar Pasaribu meminta kepada wartawan anggota seksi hukum Koordinatoriat Pengadilan dan Kejaksaan Negeri Jakarta Utara tetap kompak dalam menjalankan tugas jurnalistik.

“Kawan-kawan tetap kompak dan semangat. Jangan biarkan dilecehkan profesi jurnalis,” pinta Wilmar.

Wilmar Pasaribu juga mengatakan setelah dirinya resmi dilantik dia akan mempertahankan eksistensi PWI di Koordinatoriat PWI PN/Kejaksaan Negeri Jakarta Utara. Meskipun dalam pengalamannya selama ini banyak berbagai rintangan dan halangan, dia berharap hal itu dapat diatasi bersama dengan kekompakan.

Dia juga berharap penuh kepada rekan-rekan seprofesinya untuk selalu mendukung kegiatan jurnalistik khususnya di Pengadilan Negeri dan Kejari Jakarta Utara.

Menurutnya, PWI merupakan organisasi profesi wartawan telah diakui oleh Pemerintah dan mempunyai kedudukan hukum.

“Kita kan memiliki wadah resmi (PWI) diakui pemerintah dengan pengawasnya Dewan Pers. Kita tidak mungkin lari ke wadah yang tidak jelas. Jadi kita sama-sama berjuang, mudah-mudahan dalam perjuangan kita itu mendapatkan sesuatu yang lebih berarti dan bermakna dalam kehidupan kita masing-masing,” harap Wilmar seperti dikutip dari Deteksijaya.com. (**)

Share it:

Metropolitan

Post A Comment:

0 comments: