Disbudpora Gelar Puncak Acara Ramfest 3.0 dan Peresmian Dekranasda

Share it:

Cikarang,(MediaTOR Online) - Puncak acara Ramadhan Festisval (Ramfest) 3.0 yang digelar Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahaga di Musium Bekasi Gedung Juang 45  sejak 24 maret 2024  dan berakhir 31 maret 2024 dihadiri Pj Bupati Bekasi Dr. Dani Ramdan MT., Ketua DPRD Tingkat II Kabupaten Bekasi BN Holik Qodratullah,  Dandim 0509 Lekol inf Danang W, SIP., Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Iman Nugraha, juga jajaran Forkopimda Kabupaten Bekasi. Serta perwakilan Camat se-Kabupaten Bekasi.


Dalam sambutannya Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan bahwa dengan kegiatan ini diharapkan menciptakan kebahagian. "Ramadhan festival ini memang kita adakan setiap tahun, dan ini sudah tahun ke-3. Mudah-mudahan bisa terus sebagai event tahunan yang semakin meriah dari tahun ke tahun. Kenapa penting? Karena menurut penelitian indeks kebahagian kita di bentuk karena sosialisasi seperti ini, banyak berkumpul,. Jadi diharapkan ramadhan festival dapat mendongkrak indeks kebahagian masyarakat," ujarnya, minggu (31/03/2024) sore.

Ia juga menyampaikan, selain ramadhan festival, ada dua jenis kegiatan besar yang akan di luncurkan di acara penutupan Ramfest ini. "Jadi hari ini ada 3 kegiatan besar, yang pertama yaitu acara ramfest sendiri, yang berlangsung dari tanggal 24-31 maret. Lalu ada peresmian dekranasda, yang ini melengkapi musium kita, menjadi pusat kuliner dan oleh-oleh bagi pengunjung musium. Dan yang ketiga, kita luncurkan beasiswa pendidikan S1, bantuan Bekasi berani pintar untuk siswa yang berprestasi," tambah Dani ramdan.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Iman Nugraha mengatakan bahwa Ramadhan Festival 3.0 yang mengusung tema khasanah kontempelasi musium madani di bulan berlimpah berkah. Merupakan salah satu sarana untuk mewujudkan kesenian juga membantu mewujudkan pertumbuhan ekonomi Daerah Kabupaten Bekasi. "Kita bisa lihat semua para UMKM yang mengisi both, semoga berkah buat semua yang mengisi both UMKM. Selain itu, bertujuan menyemarakan bulan suci ramadhan, meningkatkan kreatifitas dan solidaritas melalui lomba yang diadakan. Kita juga memberikan wadah bagi pelaku seni islami di Kabupaten Bekasi," kata Iman.

Terkait dengan program bantuan beasiswa bagi pelajar SMA/SMK yang berprestasi, dirinya mengatakan hal  menjadi kriteria penerima beasiswa. "Untuk bantuan pendidikan kita berikan untuk 100 pemuda yang berprestasi baik akademik maupun non akademik. Dan juga akan di utamakan yang (maaf) kurang mampu,  nanti kita akan ada tim seleksi. Untuk nilai bantuannya 1 tahun 10 juta dan di tambah uang transport 1 bulan 500 ribu. Dan nantinya kita akan adakan tiap tahun, namun kita akan bahas untuk tahun ke dua. Apa nanti anggarannya ditambah lagi atau di fokuskan 100 orang penerimaan sekarang," jelas Iman.

Ketua DPRD Tingkat II Kabupaten Bekasi BN Holik Qodratullah mengapresiasi kegiatan Ramadhan  Festival 3.0 ini yang telah menjunjung tinggi nilai budaya. "Saya mengapresiasi setinggi-tingginya karena festival ini digelar dibulan suci ramadhan, tentunya ada nilai budaya yang terus kita junjung tinggi dalam norma-norma ke agamaan," pungkasnya.

Setelah penutupan acara Ramfest 3.0, acara dilanjut dengan penanda tanganan peresmian Dekranasda oleh PJ Bupati Bekasi Dani Ramdan. (Yusminah)

Share it:

Bodetabek

Post A Comment:

0 comments: