Murfati Lidianto: PPDB Online 100 persen Tak Jamin Cetak Siswa Berprestasi

Share it:
Bekasi,(MediaTOR Online) - Munculnya tudingan bahwa PPDB 100 persen tak jamin mencetak siswa berprestasi menurut anggota DPRD Kota Bekasi dari Fraksi Gerindra, akibat masih banyak ditemukan siswa berprestasi "karbitan".
Dikatakan Murfati Lidianto, anggota dewan dari Fraksi Gerindra ini berpendapat bahwa praktek manipulasi  NEM siswa masih banyak ditemukan. Akibatnya siswa yang lolos masuk PPDB online tak sesuai dengan kemampuan intelektual siswa sebenarnya.
"Oknum guru merekayasa nilai NEM nya atau hasil UN agar siswa nantinya bisa mendapatkan sekolah negeri favorit," ungkap Murfati kepada Beritaekspres.com (10/7/2015) lalu.
Untuk itu, dirinya mengaku kecewa dan miris jika kondisi seperti ini menjadi permainan "oknum" guru hanya mementingkan kepentingan pribadi, tapi tak mempertimbangkan dampak sosial akibat kecurangan.

"Sangat disayangkan demi mendapatkan sekolah favorit "oknum" bekerjasama dengan orangtua siswa untuk mendokrak nilai siswa  agar bisa lolos PPDB online. Ini justeru mencederai dunia pendidikan," kata Murfati anggota dewan dapil Bekasi Barat dan Medan Satria ini lebih lanjut.
Jika hal ini berlarut - larut dibiarkan oleh Pemerintah Kota (Pemko) Bekasi terutama Dinas Pendidikan, Murfati mengkhawatirkan terjadinya polemik di masyarakat akibat dari kekecewaan mereka.Akibat praktek kecurangan ini bisa melemahkan semangat siswa untuk berprestasi.

"Siswa yang sebenarnya berprestasi akhirnya terjungkal tak masuk rangking sebagai siswa berprestasi akibat nilainya kalah bersaing dengan siswa dengan nilai "karbitan"," ujarnya.

Ia pun bersama dengan anggota komisi D lainnya akan berencana melakukan tes ulang terhadap siswa yang dengan nilai tinggi yang berhasil lolos masuk PPDB online di sekolah - sekolah baik tingkat SMP, SMU/SMK. Tujuannya agar diketahui apakah siswa tersebut memang benar - benar pintar dan menguasai ilmu akademiknya.

"Disdik pun saya harap mendukung rencana ini, untuk bersama - sama melakukan tes ulang terhadap siswa melalui tes akademik dan tes kemampuan IQ yang memiliki nilai tinggi sehingga dia bisa lolos PPDB online di sekolah - sekolah favorit," tegas Murfati. (Sf)

Share it:

Bodetabek

Post A Comment:

0 comments: