Acara Ngariung Pancakarsa Pokja Terus Bergulir

Share it:


Cibinong,(MediaTOR Online) - Acara rutin Ngariung Pancakarsa Pokja terus bergulir, kali ini  mengundang Kades Tugu Jaya, Serogol, Cisalada, Ketiga Kades tersebut berasal dari Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, acara berlangsung di Sekret Pokja Jl.Bersih No.1 komplek Gedung PUSDAI Cibinong, Selasa (15/6/2021).

Ketua Kelompok Kerja (Pokja) wartawan Kabupaten Bogor Em Liswandi, menurut keterangannya agar para Kepala Desa (Kades) yang hadir sebagai nara sumber agar menyampaikan sejujur-jujurnya tentang program Pancakarsa yang telah dilakukan ditingkat Desa, baik itu kendalanya maupun suksesnya Pancakarsa.

“Apabila para Kades yang hadir diacara Pancakarsa Pokja yang disampaikan sesuai dengan kenyataan di lapangan,  akan menjadi bahan evaluasi dari Pemkab Bogor, sehingga Pancakarsa dilakukan sejalan dengan program Bupati Ade Yasin dan Wakil Bupati Iwan Setiawan”ujar Ketua Pokja Wartawan Kabupaten Bogor.

Kades Srogol Asep Irwan Kuswara, memaparkan bahwa banyak program Pancakarsa belum terealisasi.

Karsa Bogor membangun terkendala status tanah kepemilikan Kantor Desa masih terkendala untuk mengurus sertifikat tanahnya dan Paud Mawar 1 dan Mawar 2, kondisi bangunannya sangat memprihatinkan.

Karsa Bogor Sehat Posyandu pada saat ini menumpang di rumah para RT.

Karsa Bogor Maju, kalau tidak ada fasilitas yang dibangun di desa susah untuk maju.

Karsa Bogor Keberadapan banyak bangunan Pondok Pesantren, sedangkan SPN jalannya masih numpang dari Desa Srogol.

Kades Tugu Jaya M.Rifki Abdillah menyampaikan, bahwa luas desa 505 Ha, menurut data yang diperoleh data Kecamatan Desa Tugu Jaya terluas yang ada di Kecamatan Cigombong.Jumlah penduduk 15.178 jiwa.

Karsa Bogor Cerdas, Paud 12 bangunan SD sebanyak 8, SMP 5, Posyandu terdapat 15, setiap RW mendapatkan 1 mobil siaga, jumlah ada 11 RW.

Karsa Bogor maju pelayanan di Desa yang mengangkat tenaga muda semua agar energik, dan insentif untuk Rt dan Rw ada penambahan uang insentif yang diambil dari uang Kas Desa.

Karsa Bogor Membangun mendapat kucuran dana Samisade sebesar Rp.600 juta.Terkadang praktek dibawah tidak sesuai dengan diharapkan karena sering terjadi ada pembangunan tampa koordinasi kepihak desa, sering terjadi meninggalkan permasalahan setelah selesai pembangunan.

Desa Tugu Jaya terdapat lokasi tanah garapan seluas 136 Ha, sangat indah intuk dikembangkan lokasi pariwisata.

Karsa Bogor Berkeadaban, pihak Desa mengadakan pengajian keliling, sedangkan jumlah guru ngaji mencapai 200 orang lebih.

Kades Cisalada Muhammad Datul Kahfi menyampaikan, daerah Cigombong termasuk wilayah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), proyek ini akan berdampak terhadap sosial dan Budaya pada masyarakat setempat, Luas Desa 200 Ha dan jumlah penduduk sebanyak 7000 jiwa, terdiri dari 2.100  KK, terdapat 70 persen daerah persawahan, yang sangat mendesak untuk pembangunan saluran irigasi.

Bogor Cerdas daerah Selatan pada umumnya memerlukan sekolah Perguruan Tinggi, dan akan berkolaborasi dengan bidang pendidikan.

Program Samisade mendapat sebesar Rp.690 juta, yang akan diperuntukan untuk pembangunan jalan 600 M2, khusus untuk pembangunan pembuka jalan baru.Kehidupan masyarakat sehari-hari dibidang pertanian untuk budi daya kembang hias pemasarannya ( zay )

Share it:

serba serbi

Serba-serbi

Post A Comment:

0 comments: