Upacara Adat Pemakaman Bapak Toguan Sitanggang Berjalan Sukses

Share it:

Jakarta,(MediaTOR Online) - Sudah menjadi tradisi turun temurun di Tanah Batak, Sumatera Utara setiap orang tua yang sepuh punya cucu dari anak dan puterinya serta semua telah berneluarga, pada saat meninggal dipersembahakan upacara adat yang penuh tatanan adat dan tradisi yang warga setempat menyebut Upacara Adat Saur Matua. Tradisi adat ini wajib dipersembahkan turunannya untuk penghargaan terahir kepada orang tua. Umumnya upacara adat Saur Matua ini hanya kepada mereka yang punya cucu dari anak laki laki dan perempuan, pertanda sang ayah telah sukses membina keluarganya hingga ajal menjemput.

            Ini yang pertama 

        Deretan cucu hadir menyaksikan


Upacara adat Saur Matua inilah yang kita saksikan berjalan sukses saat memberi penghargaan terahir kepada Bapak Toguan Sitanggang (Op.Ropando Doli Sitanggang) yang wafat 15 Oktober 2023 lalu di Bekasi dan dimakamkan di tempat kelahirannya di Sibeabea, Pangururan Samosir, Sumatera Utara, pada 21 Oktober 2023 lalu, 
Semua prosesi upacara adat Saur Matua berjalan dengan baik sesuai rencana dari Bekasi, ujar Gudman Sitanggang, putera tertua almarhum yang bermukim di Bekasi. Dia menambahkan di usia 84 tahun, kami wajib mempersembahkan adat Batak yang penuh, Saur Matua, sebab Hasangapon, Hagabeon, dan Hamoraon telah diraih sang ayah di masa hidupnya.

Pemuda Batak Bersatu turut memberi penghargaan


Untuk itulah mewakili keluarga besar Bapak Toguan Sitanggang ( Op Ropando Doli Sitanggang) selaku anak tertua mengucapkan Terima kasih kepada semua hadirin yang membantu  baik materi maupun moril, terutama kepada semua Horong Hula hula/Tulang, Dongan Tubu, dan Boru/bere Sitanggang, kepada Dongan Sahuta dan Pemuda Batak Bersatu Sumatera Utara yang terlibat langsung hingga pemakaman orang tua kami, ujar Gudman Sitanggang. (A. Purba)



Share it:

Serba-serbi

Post A Comment:

0 comments: