Akibat Banjir Jakarta Kegiatan Belajar Ratusan Sekolah Terganggu

Share it:
Jakarta,(MediaTOR).-Akibat banjir di ibukota telah menyebabkan ratusan sekolah tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Air yang menggenangi Jakarta awal tahun ini membuat kegiatan belajar mengajar di beberapa tempat tergangggu.
     "Sampai minggu ini kurang lebih hampir 200 sekolah dari SD, SMP, SMA, sampai SMK,semua terkena dampak banjir di lima wilayah," ujar Kadisdik DKI Jakarta, Taufik Yudi, di sela-sela peninjauan SDN 08, di Rawa Domba, Duren Sawit, Jakarta Timur, Senin, pekan lalu.
      Menurut Taufik, tingkat kerusakan akibat banjir tiap sekolah bervariatif. Hal itu berdasarkan lama dan volume air yang menggenangi sekolah itu.
     "Seperti di SDN 08 rubuh yang pagarnya rubuh, ada juga yang sampai bangku ikut rusak," tuturnya.
       Dan selain tergenang air, ada juga sekolah yang tidak berfungsi karena dijadikan sebagai tempat pengungsian. Di beberapa tempat, sekolah tidak tergenang air, tetapi jalur yang penghubung ke jalan terputus karena banjir.
     "Seperti di wilayah Jakarta utara ada SD yang dijadikan posko pengungsian. Sekolah tersebut memiliki 3 lantai di lantai 1 air sudah sepinggang di lantai atas dijadikan pengungsian," imbuh Taufik.
     Dikatakannya, sudah seminggu kegiatan belajar mengajar terhenti. Namun, hal ini seharusnya bukan menjadi alasan bagi siswa didik untuk tidak belajar.
"Kegiatan belajar mengajar sempat dihentikan. Tetapi dari guru harus bisa menanamkan di benak anak didik konteks belajar di rumah," pinta Taufik.
    Hal senada juga diucapkan H.Bambang Suprapto,Kasie SMP Sudin Dikdas Jakarta Timur,bahwa diwilayah Jakarta Timur ada beberapa SMPN yang kegiatan belajar mengajar (KBM) sempat terganggu beberapa Hari akibat akses jalan menuju kesekolah tersebut dikepung banjir,diantaranya SMPN 257 dan SMPN 268,ujarnya. Bambang yang juga Plh Kasie Dikdas Kecamatan Cipayung,Jakarta Timur,mengatakan bahwa jumlah SDN dan SDS yang ada dikecamatan Cipayung sebanyak 60 sekolah. Masing-masing sekolah berpartisipasi menyalurkan bantuan banjir untuk para siswa yang terkena banjir,juga untuk warga sekitar yang terkena musibah,pungkasnya.(dN/ddn)

Share it:

Metropolitan

Post A Comment:

0 comments: