STRATEGI MEMPERTAHANKAN INDUSTRI DAN TENAGA KERJA

Share it:


Jakarta (MediaTOR Online) - Pemerintah akan membuat perppu agar Bank Indonesia bisa membeli surat utang negara yang disalurkan ke bank2 pemerintah sehingga bank2 pemerintah akan menyalurkan dana kredit dengan bunga murah asalkan perusahaan tidak mem-PHK pekerjanya dan upah pekerja tidak dipotong.

Strategi menghadapi gempuran covid 19 dengan mempertahankan Industri dan agar pekerja tetap bekerja dan upah tidak dipotong, itu perlu didukung dengan dialog sosial yang berkualitas antara SP/SB( Serikat Pekerja/Serikat Buruh) dan Pengusaha. Papar Timboel Siregar,SH Koordinator Advokasi BPJS-WATCH melalui hanphone dengan MediaTOR Online 27/3/2020.

Selain itu, lanjutnya  upaya pemerintah untuk mendukung daya beli pekerja yang terkena PHK dengan mendapat bantuan dari BPJAMSOSTEK juga harus didukung seluruh pekerja dan SP/SB sehingga para tenaga kerja yang terkena PHK tetap mampu hidup dalam kondisi kelesuan ekonomi. Dana pekerja di BPJAMSOSTEK dimanfaatkan untuk membantu pekerja yang terkena PHK.

Timboel Siregar,SH yang juga Sekjen OPSI(Organisasi Pekerja Seluruh Indonesia) menyinggung soal Peran Kartu Pra-Kerja yang direfokusing untuk mendukung daya beli pencari kerja juga sangat baik dan tepat sasaran. Pemerintah akan mempercepat penyaluran Kartu Pra-Kerja di tengah wabah Covid-19. Rencananya, penerima akan mendapat Rp 1 juta  setiap bulannya selama 3-4 bulan.

OPSI (Organisasi Pekerja Seluruh Indonesia) sangat mendukung dan mengapresiasi upaya2 Pemerintah ini sehingga korban covid 19 ini dari sisi ekonomi bisa diminimalisir.

Semoga upaya ini segera direalisasikan mengingat sudah banyak pekerja yg terpapar secara ekonomi oleh covid 19, selain juga tentunya sudah banyak yang terdampak kesehatannya, pungkas Timoel Siregar. menutup dialog dengan MediaTOR.(MI)
Share it:

Nasional

Post A Comment:

0 comments: