Proyek PAMSIMAS Desa Karangmukti Disambut Baik Warga

Share it:

Purwakarta,(MediaTOR Online) - Guna wujudkan masyarakat yang adil dan makmur, berbagai program pembangunan  dilakukan oleh Pemerintah. Diantaranya, proyek pembangunan Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat  (PAMSIMAS).

Program ini bertujuan untuk membuat akses akan kebutuhan air minum bagi masyarakat yang tinggal di pedesaan. Progam ini telah berlangsung semenjak Tahun 2008 dengan bantuan Bank Dunia. 

Sementara mengenai pelaksanaannya dikerjakan oleh masyarakat setempat yang disebut dengan swakelola melalui kepanitiaan Kelompok Swadaya Masyarakat  (KSM).

Salah satu contoh yang saat ini sedang berlangsung, proyek  PAMSIMAS Desa Karangmukti, Kecamatan Bungur Sari, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat. Saat MediaTOR berkunjung ke lokasi, beberapa warga setempat ketika diwawancarai mengenai program tersebut mengaku sangat senang.

Yusuf mengatakan, kami sebagai warga disini menyambut baik atas upaya pemerintah untuk membuka akses melalui program ini. Namun sebaik apapun program tidak akan berlangsung lama tanpa dukungan masyarakat. Untuk itu nantinya mari kita bersama-sama memelihara dan menjaga PAMSIMAS  ini,"pintanya.

Pada saat yang bersamaan, Acin Ketua KSM PAMSIMAS desa tersebut, perihal pelaksanaan tersebut mengatakan, saya yang diamanahkan  sebagai Ketua, Sekretaris, Bendahara dan anggota lainnya sudah ada acuan yaitu Juklak dan Juknis serta RAB yang telah di tentukan oleh Pemerintah dan sebagai KSM kita berkewajiban melaksanakan amanah ini dengan baik. Apalagi ini bukan untuk siapa-siapa, buat kita sendiri juga,"tegasnya.

Arief Danu Koswara SP, Pejabat sementara  (PJS ) Kepala desa (Kades) yang bersangkutan saat berbincang-bincang dengan MediaTOR mengatakan, saya sebagai PJS yang juga Pegawai Negeri Sipil (PNS), wajib menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya. Kita ini kan' pelayan masyarakat. Jadi kita selalu berupaya memberi pelayanan yang terbaik bagi masyarakat,"ujarnya.

Mengenai pelaksanaan PAMSIMAS, sudah ada apa. Kades berkewajiban mengawasi agar program tersebut berjalan dengan baik.  Sudah ada KSM yang ditugaskan, jadi saya berharap mereka menjalankan tugasnya dengan baik," ujarnya.

(Reporter Liputan: Ependy&Taslìm)

Share it:

Daerah

Post A Comment:

0 comments: