Ujian Praktek Seni SMKN 3 TAMPILKAN ANEKA SENI TRADISIONAL NUSANTARA HINGGA DRAMA MUSIKAL

Share it:



Bogor,(MediaTOR Online) -Dalam rangka pelaksanaan Praktek Ujian Akhir  Mata Pelajaran  (Mapel) Seni Budaya bagi kelas XII  SMK Negeri 3 Kota Bogor yang dihelat Jumat (6/3) kemarin, disajikan berbeda dengan sekolah sekolah lainnya. Ujian akhir Seni Budaya ini, diselenggarakan  bak sebuah pagelaran seni kontemporer yang ditata dengan apik dan professional, sehingga ratusasn siswa yang menyaksikan penampilan aneka seni budaya nusantara itu, nampak sangat puas dan terkesan.

Dihadapan para guru Seni Budaya yang bertindak sebagai tim penilai yang digelar di ruang serbaguna lantai tiga SMK Negeri 3 Kota Bogor itu, masing masing kelompok menampilkan kemahirannya beradu seni, membuat penonton yang memadati gedung untuk menyaksikan penampilan kakak kakak kelasnya berdecak kagum dibarengi dengan sorak sorai.

Boleh jadi Lulusan SMK Negeri 3 Kota Bogor ini, ternyata tidak saja piawai dalam menggeluti dunia bisnis dan kuliner saja, melainkan juga mampu menampilkan penyajian aneka seni tari tradidional hingga seni drama musikal yang sangat berkualitas.

Salah seorang peserta ujian Praktek bidang Seni, Tiara Ayu Utami, siswa kelas XII jurusan Kuliner 5 SMK Negeri 3 Kota Bogor menjelaskan “Kami sedang mengikuti kegiatan Ujian Praktek bidang Seni Budaya. Alhamdulillah, walaupun persiapannya sempit, tapi kami bisa tampil secara maksimal dengan penuh semangat demi meraih nilai ujian akhir yang terbaik” ujarnya.

“Dalam pelaksanaan ujian praktek ini, bersama teman teman menampilkan aneka seni tari tradisioanal  Jawa Barat yakni kesenian Sunda Jaipongan, yang dikolaborasikan dengan aneka seni tari tradisional  lainnya seperti Bali, dipadukan juga dengan tarian dari Papua serta aneka seni tari dari Aceh. Alhamndulillah penampilan kami tidak mengecewakan para penonton maupun para guru sebagai tim penilai ujian akhir” Ucap Tiara usai menampilkan keseniannya.

Dalam ujian praktek bidang seni ini, tambah Tiara,  kami  dituntut untuk berlatih secara aktif, mengenal aneka seni tradisional dari berbagai daerah yang akan dikolaborasikan dan ditampilkan  dalam ujian praktek ini. Selain, ditampilkan tarian tradisional, ada juga  temen temen lain yang menampilkan seni drama musical, yang berlatarbelakang  dari cerita seni tradisional itu” ucap dia.

“Kami berharap, apa yang kami tampilkan  pada Ujian Praktek hari ini, akan dapat menambah wawasan dan pengetahuan kami tentang aneka seni budaya Nusantara, sehingga kedepan kami tidak hanya menguasai bidang keahlian kejuruan saja , melainkan juga bisa menguasai berbagai kesenian daerah lainnya yakni kesenian tradisional Indonesia” pungkasnya (Nasir)
Share it:

Pendidikan

Post A Comment:

0 comments: