Proyek Pamsimas Desa Cisaat Diapresiasi Masyarakat

Share it:



Purwakarta,(MediaTOR Online) - Fasilitas yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan air bersih yang layak dikonsumsi, Pemerintah dari tahun 2008 hingga saat ini, terus  berupaya meningkatkan pelayanan melalui  Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat  (PAMSIMAS).


Seperti halnya saat ini  di Desa Cisaat, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat.


Medi, warga setempat yang mengaku dirinya sudah  hampir 30 tahun bekerja di bidang penyediaan air minum melalui pengeboran sumur air di perdesaan maupun dan perkotaan.


Saat berbincang-bincang dengan MediaTOR, Medi mengatakan, program ini sangat baik. Untuk itu partisipasi masyarakat sangat dibutuhkan. Karena manfaatnya untuk kita juga dan saya sebagai warga disini yang kebetulan punya pengalaman di bidang penyediaan air bersih, secara sosial akan terus membantu keberlangsungan Pamsimas ini. Terutama dalam pemeliharaan,"tutur Medi.

Pada saat yang bersamaan Dadan, salah satu jajaran KSM mengaku, pada awalnya ada sebagian warganya menolak Pamsimas ditempatkan di lingkungan ini. Dengan alasan akan mempengaruhi debit air ke sumur yang sudah ada. Namun dengan upaya yang kita lakukan melalui sosialisasi kepada mereka, akhirnya menerima dengan baik. Buktinya, kemarin saat pengerjaan pengecoran, mereka ikut serta membantu,"ucapnya.

Sementara H. Lidayatna, ketika ditemui MediaTOR , mengenai pelaksanaan proyek tersebut, mengaku mengacu pada Juklak dan Juknis serta RAB yang telah ditentukan oleh Pemerintah, untuk itu, saya sebagai Ketua KSM  bertanggung jawab penuh akan kesuksesan Program ini. Apalagi ini bukan untuk siapa-siapa tapi buat kita sendiri, Itu makanya, saya bersamaan dengan saudara, menghibahkan tanah tempat Pamsimas ini di bangun," tegasnya. 


Darsono, Kepala Desa Cisaat, yang bersangkutan ketika dihubungi melalui telepon selular, mengenai pelaksanaan proyek tersebut mengatakan, dalam pelaksanaan sudah ada KSM. Untuk itu kita percaya kepada mereka, apalagi mereka bagian dari tokoh masyarakat di sini. Kita disini hanya mengasih masukan dan pengawasan saja. Dan itu juga demi kesuksesan saja," ungkapnya. Reporter liputan : Ependy&Taslìm.

Share it:

Daerah

Post A Comment:

0 comments: