Kali Cibalok Tercemar Limbah Rumah Potong Ayam Berada di Bantaran Kali

Share it:
Bogor,(MediaTOR Online) - Banyaknya potongan ayam berada bantaran kali Cibalok cukub meresahkan Masyarat tinggal sekitar Pondok Rumput. 

Pemerintah Kota ( Pemkot) Bogor berencana memindahkan sentra rumah potong ayam yang selama ini berada di pemukiman warga Pondok Rumput, Kelurahan Kebon Pedes, Tanah Sareal, Kota Bogor.

Nantinya Sentra Rumah Potong Ayam yang berada pemukiman warga , akan dipindahkan ke Rumah Potong Ayam (RPA) berdeketan dengan Rumah potong Hewan (RPH), yang higines dan ramah lingkungan ,di kawasan Bubulak Bogor Barat,”ungkap Wakil Walikota Bogor, Dedie A Rachim usai mengomandoi gerakan Kebersihan Kali CiBalok. 

Dengan demikian, tahun 2022 mendatang, rencananya Sentra Rumah Potong Ayam di Pemukiman warga akan dipindahkan ke Bubulak.

Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim, sempat prihatin melihat aliran kali Cibalok, dikotori limbah kotoran ayam potong . Bahkan Dedie A Rachim sempat mendatangi sejumlah rumah sentra potong ayam yang diduga kuat membuang limbah kotoran ayam ke aliran kali tersebut.

keberdaaan mereka saat ini tumbuh subur berada di pinggiran kali Cibalok. Selain limbah kotoran ayam potong dibuang ke aliran kali, keberadaan mereka juga mengganggu ketenangan warga di sana. Sebab aktifitas pemotongan ayam dilakukan dini hari.

Menurut warga lainnya, sekitar 15 tahun lalu keberadaan rumah potong ayam tidak sebanyak sekarang. hanya ada satu hingga 3 rumah yang menjadi rumah potong ayam . Namun saat ini, rumah potong ayam hampir 25 rumah potong ayam yang sebagian berada di pinggiran kali Cibalok.

“kalau siang hari , bau busuk terasa menyengat ketika melintas di kampung Gamblok maupun Jalan Manunggal Jaya,”ujar Bojang

Bahkan beberapa warga terpaksa menjual rumahnya dan pindah akibat ketidaknyamanan terkait polisi bau limbah ayam potong.

Mendengar keluhan warga, Dedie A Rachim yang tadinya bersama warga di sana melakukan kerja bakti membersihkan Kali Cibalok, langsung memberikan instruksi kepada lurah Kebon Pedes dan Camat Tanah Sareal agar mengawasi keberadaan rumah potong ayam untuk tidak membuang limbah ke kali.

“aktivitas potong ayam, agar tidak mengganggu kenyamanan warga ditengah malam dan tidak menimbulkan bau polusi udara,”tegas Wakil Wali Kota Dedie A Rachim kepada pengurus Sentra rumah ayam potong.

Menurut Dedie, Pemkot Bogor tengah membangun Rumah Potong Ayam (RPA ) yang letaknya berdekatan dengan Rumah Potong Hewan (RPH) di Bubulak Bogor Barat.

Dengan demikian , tahun 2022 mendatang, Sentra Rumah Potong Ayam di Pemukiman warga akan dipindahkan ke Bubulak.

“Ya, nanti kita buat Perda yang mengatur tentang kawasan pemukiman yang tidak boleh ada kegiatan usaha yang seperti rumah potong ayam,”pungkas Dedie.

Dedie meminta warga baik yang berada di bantaran kali atau bukan, tidak membuang sampah ke kali atau bantaran sungai, dan warga pun harus peduli terhadap pelestarian lingkungan sungai tetap terjaga.

Sementara ketua Sentra Rumah Potong Ayam , Sony mengaku sudah melarang anggotanya untuk membuang limbah kotoran ayam ke kali Cibalok. Begitu pula senantiasa menjaga kenyamanan lingkungan sekitar.

“Kami akan patau tempatkan kamera CCTV di sepanjang kali, agar yang membuang limbah akan termonitor,” janjinya saya akan pegang janji anda. Kata. Wakil Walikota Dedie.A Rachim.

Sekedar informasi kampung Kebon Anggrek Lebak atau Kampung Gamblog dan Manunggal Jaya, sudah dikuasai pemilik rumah potong ayam yang lokasinya berada di bibir Kali Cibalok hasil potongan ayam dijual Pasar Kota Bogor. (Pa. Cik)
Share it:

Bodetabek

Post A Comment:

0 comments: