Alquran Dan Pancasila Di Mata Mohammad Natsir, Mantan Perdana Menteri Indonesia Kelima

Share it:


Jakarta,(MediaTOR Online) - Mohammad Natsir pernah membuat tulisan/ceramah berjudul : Apakah Pancasila bertentangan dengan ajaran Al Quran ? 

Dia mengatakan bahwa Alquran itu adalah dasar hidup (bagi orang islam). Ia adalah induk dari serba sila (pancasila) yang memberi nilai-nilai hidup yang menghidupkan, Oleh karena itu, kata Natsir, Pancasila tidak boleh dipertentangkan dengan Alquran. Karena Alquran, kata Natsir, membawakan Tauhid, kepercayaan kepada Tuhan yang maha esa. Dan Tauhid tersebut kata beliau akan menumbuhkan dalam tiap jiwa orang yang beriman kesadaran akan harga diri mereka sebagai hamba Allah,di samping hamba-hamba Allah yang lain. 

"Dan  Alquran itu  kata Natsir jelas datang bukan untuk menghapus bangsa dan kebangsaan karena hal itu menurut Natsir sudah merupakan Sunnatullah dimana kita di dalam  Alquran tersebut disuruh  untuk saling kenal mengenal dan saling harga menghargai, Jadi Islam dan atau Alquran itu datang untuk meletakkan dasar2 yang sehat  untuk hidup suburnya suatu bangsa  di dalam pergaulan  kekeluargaan Bangsa-Bangsa

 "Selanjutnya Natsir dalam tulisannya tersebut juga menyinggung tentang sejarah,  dimana beliau  menyatakan  bahwa perumusan Pancasila itu adalah hasil musyawarah antara para pemimpin pada saat taraf perjuangan  Kemerdekaan  memuncak di tahun 1945, Saya percaya kata Natsir bahwa di dalam keadaan yang demikian  para pemimpin yang berkumpul itu, yang sebagian besarnya adalah beragama islam, pastilah tidak akan membenarkan sesuatu perumusan yang menurut pandangan  mereka adalah nyata-nyata bertentangan dengan Asas dan ajaran Islam.

" Oleh karena itu dalam kesimpulannya,  beliau dengan tegas  menyatakan :

1. Bagaimana mungkin Alquran yang memancarkan Tauhid akan terdapat Apriori bertentangan dengan ide Ketuhanan Yang Maha Esa. 

2. Bagaimana mungkin Alquran yang ajaran-ajarannya penuh dengan kewajiban menegakkan Al-adalah Al- ijtima'iyah bisa apriori bertentangan dengan keadilan sosial ?

3. Bagaimana mungkin Alquran yang justru memberantas sistim feodal dan pemerintahan Istibdad atau  sewenang-wenang , serta meletakkan dasar musyawarah dalam susunan pemerintahan, dapat apriori bertentangan dengan apa yang dinamakan kedaulatan rakyat ,?

4. Bagaimana mungkin Alquran yang menegakkan istilah Al- ishlahu bainannas sebagai dasar2 yang pokok yang harus ditegakkan oleh Umat Islam , dapat Apriori bertentangan dengan apa yang disebut perikemanusiaan ?

5. Bagaimana mungkin Alquran yang mengakui adanya bangsa-bangsa  dan meletakkan dasar yang sehat bagi kebangsaan apriori dapat dikatakan bertentangan dengan kebangsaan ?

Jadi dalam kesimpulan Natsir bagaimana mungkin Alquran akan bertentangan dengan Pancasila terutama sila pertamanya Ketuhanan Yang Maha Esa  kalau yang dituju oleh sila pertama tersebut  adalah  menegaskan kepada segala warga negara dan penduduk negara serta dunia luar bahwa sesungguhnya seorang manusia tak akan dapat  memulai kehidupannya  menuju kebajikan dan keutamaan kalau ia belum dapat  menyadarkan  dan mempersembahkan dirinya kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Jadi kata Natsir di mata seorang muslim Pancasila bukanlah barang asing yang berlawanan dengan ajaran Alquran, dalam pandangan beliau Pancasila itu mengandung tujuan-tujuan islam  tetapi Pancasila itu  bukanlah berarti islam, Dan beliau sangat yakin bahwa di dalam Iklim islamlah Pancasila itu akan hidup subur sebab kata beliau Iman atau kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa itu tidak dapat ditumbuhkan dengan semata-mata hanya mencantumkan kata-kata dan istilah Ketuhanan Yang Maha Esa itu saja di dalam perumusan Pancasila itu.

"Oleh karena itu kata Nasir apabila sila Ketuhanan Yang Maha Esa itu hanya sekedar buah bibir saja maka itu berarti urat tunggal  bagi sila berikutnya , sudah tumbang. Dan akibatnya tentu saja seluruh Sila sila yang lainnya  akan hampa dan tidak mempunyai bentuk yang jelas sehingga  yang tinggal adalah hanya kerangka dari Pancasila tersebut sehingga mudah sekali dipergunakan untuk penutup tiap-tiap langkah perbuatan yang tanpa Sila dan tidak berkesusilaan sama sekali. 

Untuk itu natsir mengharapkan  supaya Pancasila tidaklah diisi dengan ajaran yang menentang-nentang kepada Alquran yang sudah semenjak berabad-abad  telah menjadi darah daging  bagi sebagian terbesar dari bangsa kita ini. Dan di samping itu janganlah pula ia dipergunakan untuk menentang  terlaksananya Kaidah-Kaidah dan ajaran yang termaktub  dalam Alquran itu karena Alquran itu bagi orang Islam adalah induk dari semua Sila yang ada dalam Pancasila tersebut dan dia merupakan pedoman hidup bagi umat islam yang isinya ingin mereka sumbangkan  kepada pembinaan bangsa dan negara.


Anwar Abbas

Pengamat sosial ekonomi dan keagamaan  dan juga adalah wakil ketua umum MUI.

Ciputat sabtu, 5 juni 2021 jam 19.40.

Share it:

Profil Tokoh

Post A Comment:

0 comments: