Tokoh Katholik Asal Simalungun itu Telah Tiada....

Share it:

Jakarta,(MediaTOR Online) - Gajah mati meninggalkan gading, manusia mati meninggalkan nama. Hal itulah yang melekat pada setiap manusia yang bila semasa hidupnya bermanfaat bagi sesama dan tak pernah lupa berbuat baik. 

Setiap kepergian seorang tokoh menemui Tuhan penciptanya, pasti kenangan baik dan budi baiknya langsung terbayang dan menjadi kenangan manis dan mewarnai sejarah hidup sang pengukir kisah hidup itu. Makanya penyair sering berkata, bukan salah bunda mengandung bila kepergianmu tak ada yang mengenang.

Pena sejarah itu terukir pada diri Freddy Rickson Saragih, tokoh Katholik dari Desa Pematang Purba, Kabupaten Simalungu, Sumatera Utara. 

Dia tokoh bagi kami dari desa Purba, ujar J. Purba Pakpak mengenang ipar kandungnya itu.

Freddy Rickson Saragih

Kepergian Freddy Saragih bagai petir di siang bolong bagi warga desanya, sebab semasa hidupnya dia dermawan, ringan tangan membantu, paduli orang susah dan gereja. Malah pendirian gereja Katholik Pematang Purba dia bantu dan  jadi motor penggerak hingga usai. Kehadirannya dari rantau sangat dibanggakan warga desa itu berkat niat tulusnya hadir membantu. Parbujur do lae Freddy on janah toruk maruhur appa mangurupi na marsik, tambah sang iparnya itu sambil mengenang masa lalu sering sama sama mamurou/menghalau burung di ladang menjaga padi saat berbuah. Orangnya cerdas, rajin dan pekerja keras. Walau Freddy telah lama pensiun dari Kementerian Keuangan, tetap sibuk berkarya dan membantu sesama.



         Uskup Mgr Kornelius Sipayung


 Tokoh Simalungun Parlindungan Purba

Kepergian Freddy Saragih sangat ramai dihadiri para famili dan sahabat, serta relasinya baik di bisnis maupun oraganisasi yang dia tekuni. Banyak tokoh yang hadir, salah satu Parlindungan Purba anggota DPD RI asal Sumatera Utara. 

Pada acara missa requeum, bertempat di rumah duka RS Siloam Semanggi, Jakarta, Sabtu 25 Maret 2023 malam ini langsung dipimpin  Uskup Agung Medan, Sumut, Mgr. Kornelius Sipayung yang husus datang dari Medan. Hidup itu singkat kata orang tua, maka perbanyaklah berbuat baik dan menebar kebaikan demi nusa, bangsa, dan gereja. 

Selamat jalan Freddy Saragih menuju keabadian di Sorga... (A. Purba)

Share it:

Serba-serbi

Post A Comment:

0 comments: