Sosialisasi Pemberdayaan Masyarakat Melalui KEI oleh BBPOM Bandung bersama Anggota DPR-RI Drg. Hj. Putih Sari MM dan Tokoh Masyarakat

Share it:


Cikarang,(MediaTOR Online) - Bertempat di lapangan futsal RAD Kp. Rumbia Desa Karang Patri Kecamatan Pebayuran Kabupaten Bekasi, dilaksanakan kegiatan Pemberdayaan Masyarakat Melalui Komunikasi, Informasi Dan Edukasi (KIE) Obat dan makanan oleh Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan Bandung Bersama Anggota Komisi IX DPR RI Drg. Hj Putih Sari. MM dan tokoh masyarakat yang diikuti oleh masyarakat umum terdiri dari kecamata Pebayuran pada Senin (19/06/2023). 

Acara tersebut dihadiri oleh Puji Astuti sebagai narasumber, Hj. Darissalam Sebagai Tokoh Masyarakat, Kepala Desa Muhidin, Bimaspol, Babinsa dan Drg. Hj Putih Sari Komisi IX DPR-RI  yang berhalangan hadir secara langsung tetapi beliau mengikuti acara tersebut melalui Daring atau secara online melalui aplikasi zoom. 

Puji Astuti beliau hadir sebagai narasumber dari Balai Besar POM di Bandung, menghadirkan sosialisasi untuk memberikan informasi melalui sosialisasi yang terkait dengan kesehatan serta kelayakan Obat dan Makanan. 



Puji Astuti mengingatkan kepada seluruh masyarakat atau peserta yang hadir agar untuk menyimak materi yang disampaikan dan menanyakan hal-hal yang ingin diketahui terkait Obat dan Makanan yang dilaksanakan oleh BBPOM  Bandung, diharapkan  untuk semua peserta yang hadir dapat mengingat  informasi dan ilmu yang di sampaikan oleh narasumber,  agar seluruh informasi yang didapatkan agar dapat diterapkan atau dibagikan kepada lingkungan sekitarnya agar lebih bermanfaat.

Narasumber BPOM Bandung Puji Astuti menyampaikan informasi tentang kegiatan sosialisasi edukasi dengan membawakan materi profil BPOM, Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan, Kosmetik dan Pangan Olahan yang aman serta cara penggunaan Aplikasi BPOM Mobile.

Puji Astuti menyampaikan "Pemberdayaan Masyarakat melalui KIE dalam rangka meningkatkan efektifitas pengawasan Obat dan Makanan yang juga bertujuan meningkatkan pemahaman, kesadaran serta mencerdaskan masyarakat dalam memilih dan menggunakan produk Obat, Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan, Kosmetik dan Pangan Olahan Makanan."

"Melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat menjadi konsumen yang cerdas dengan selalu menerapkan CEK KLIK, Cek Kemasan, Label, Izin edar dan Kadaluarsa dalam memilih produk Obat dan Makanan yang akan dikonsumsi."

Lanjutnya "Pangan merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia karena berpengaruh  terhadap kesehatan dan aktifitas manusia dalam melakukan kegiatan sehari-hari, sehingga perlu diperhatikan keamanan dan nilai gizinya." Punskasnya

Dilanjutkan oleh Drg. Hj Putih Sari. MM menyampaikan melaluinya dari atau secara online mengenai 5 kunci tentang keamana pangan, agar masyarakat menjaga pola kesehatan pada obat dan makanan yang dikonsumsi harus diperhatikan setiap harinya, ada 5 kunci keamanan pangan : 

1. Jagalah Kebersihan. 

2. Pisahkan Pangan Mentah Dari Pangan Matang.  

3. Masakalah Dengan Benar. 

4. Jagalah Pangan Pada Suhu Aman.

5. Gunakan Air Dan Bahan Baku Yang Aman.

Dari kegiatan sosialisasi edukasi ini Drg. Hj Putih Sari. MM menyampaikan "berharap untuk seluruh masyarakat yang sudah hadir agar dapat memperhatikan kesehatan terutama dari segi makanan yang dikonsumsi setiap harinya, maka dari itu harus tetap berhati hati dalam memilih makanan yang akan di konsumsi untuk kesehatan tubu kita sendiri." Tutupnya 

Acara tersebut dilanjutkan dengan sesi tanya jawab seputar materi yang sudah di sampaikan. Lalu sebelum acara ditutup, Hj. Darissalam memberikan pertanyaan kuis seputar tentang Drg. Putih Sari untuk masyarakat yang bisa menjawab pertanyaannya akan mendapatkan hadiah dan  acara diakhiri dengan foto bersama.(Yusminah)

Share it:

Bodetabek

Post A Comment:

0 comments: