Eksistensi Tunas Katolik Simalungun Hingga Deklarasi

Share it:

Sebelumnya, 4 Juni 2023, di lapangan Banteng, Jakarta Namaposo Simalungun Katolik mendeklarasikan berdirinya TUNAS Katolik (Tuppuan Namaposo Simalungun Katolik) sebagai wadah pemersatu muda - mudi Simalungun Katolik secara khusus yg berada di Jabodetabek. 

Putra Jaya Raya Saragih Ketua Umum TUNAS  bersama Panitia mengelar acara pelantikan Pengurus yang spesial dimana mereka memadukan dua kegiatan menjadi satu yakni Hari Keakraban dan Pelantikan Pengurus TUNAS katolik dengan mengusung tema "Pemuda bertumbuh, berbuah dan berdampak lewat cinta kasih Tuhan". 


Kegiatañ di buka dengan Doa Rosario yang dipimpin oleh Agriva Lingga. Kemudian dilanjutkan dengan materi Keakraban dipandu oleh Bpk. Nikolas Saragih. Beliau memandu acara dengan sangat apik, cair dan mencoba menggali nilai - nilai TUNAS dijadikan iyel-iyel pembakar semangat anggoa -- "TUNAS Katolik: Marsaor, Marharoan, Marmalu,  marboras, Ise ma au? Ahu, etah, etah, etas, hobaskon hita, Horass. 

Kemudian peserta dibagi kedalam 4 kelompok untuk mendiskusikan apa harapan untuk TUNAS dan bagaimana keterlibatan anggota dalam mencapai harapan tesebut.

Secara garis besar harapannya adalah 

- TUNAS hidup, berkembang, berbuah dan berdampak positif.

- Wadah pengembangan diri, pembentukan karakter dan menambah relasi

- Angotanya akrab, kompak, ada semangat kekeluargaan dan menguatkan Iman Katolik.

Sedangkan keterlibatan anggota yang disuarakan adalah:

- Anggota aktif,  inisiatif dan supportif terhadap kegiatan Tunas

-  Melayani dengan iklas dan tulus

- Bertolerasi terhadap perbedaan.

Selanjutnya, setelah makan Siang, dilanjutkan dengan Dinamika kelompok yang dipandu langsung oleh seksi acara, Setiap kelompok diberikan kasus, dan kelompok ditantang menjawab kasus tersebut dengan peragaan atau drama singkat. 

Acara ini berhasil mengocok perut dan krenn, secara tak terduga Ketua HBSK ikut senang dan meminta 1 drama/peragaan terbaik untuk ditampilkan di acara hiburan NATARU Simalungun Katolik 20 Januari 2024.

Acara ditutup dengan pelantikan Pengurus TUNAS katolik periode 2023 - 2025. Ketua TUNAS Katolik dilantik oleh Ketua Sion Purba Tanjung selaku HBSK. 

TUNAS katolik berada dalam Naungan HBSK dimana TUNAS Katolik dan HBSK bersama sama saling nendukung untuk kemajuan Simalungun Katolik Na Marsangap.

Ketua Panitia Febrianto Sipayung selaku Ketua panitia dalam laporannya menyampaikan bahwa awalnya kegiatan yang direncakan adalah Malam Keakraban dan Pelantikan Pengurus (2 hari 1 mlm), namun karna banyak anggota yang berhalangan hadir karena keterbatasan waktu dan hal lain, ahirnya panitia mengubah kegiatannya menjadi kegiatan sehari yakni Hari Keakraban dan Pelantikan Pengurus namun tujuan kegiatan secara esensi tetap tercapai.

Kegiatan ini dihadiri oleh 39 orang diataranya 30 Anggota TUNAS Katolik, 9 orang dari HBSK dimana 4 diantaranya adalah Pembina TUNAS Katolik ( Sion Purba, Nikolas Saragih, Reimandus Purba, dan Elyamen Saragih) 2 lagi Pembina (Aloysius Saragih dan Bonarsius Sipayung) Berhalahan Hadir karna sedang diluar kota.

Ketua TUNAS Katolik dalam santutannya, mengungkapkan rasa bangga atas atas kebersamaan dan kekompakan segenap anggota TUNAS dan mengucapkan terimakasih atas dukungan dari HBSK.  Ketua TUNAS Katolik juga mengajak Pengurus dan seluruh anggota Tunas untuk bersama merawat Keakraban dan kekompakan yg telah terjalin, dan ikut telibat dalam upaya memajukan Simalungun Katolik serta ikut terlibat menyukseskan Nataru Simalungun Katolik pada tgl 20 Januari 2024. 

Ketua HBSK dalam sambutannya mencoba memberikan motivasi kepada pengurus dan anggota TUNAS agar masing2 mengambil bagian berkontribusi memajukan organisasi layaknya seperti pengurus atau ketua merasa terpanggil berperan memajukan Simalungun, yg kompak, akrab dan solid dan kita bangga jadi Simalungun. 

Ketua HBSK juga  mengajak agar  TUNAS Katolik dan HBSK dapat berjalan bersama saling support satu sama lain, juga mengajak untuk bersama  menyukseskan Nataru Simalungun Katolik 20 Januari 2024, ikut terlibat mengisi kegiatan hingga mengajak rekan Simalungun Katolik untuk hadir.(Penulis: Putra Jaya Raya Saragih)


Share it:

Serba-serbi

Post A Comment:

0 comments: