BPBD Adakan Pelatihan Dasar Petugas Penanggulangan Bencana

Share it:
Sukabumi,( MediaTOR Online ) - Pelatihan Dasar Petugas Penanggulangan Bencana tingkat Kabupaten Sukabumi yang diselenggarakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) ditutup Jumat Sore (20/12/2019) oleh Bupati Sukabumi H Marwan Hamami, di Yon Armed 13 Cikembang.
H. Asep Suherman selaku panitia menjelaskan maksud dan tujuan di laksanakannya kegiatan ini untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas petugas penanggulangan bencana.
" jumlah peserta yamg mengikuti sebanyak 60 orang, pelatihan berlangsung dari tanggal 16 s/d 20 Desember 2019, dilaksanakannya kegiatan ini untuk memberikan kemampuan dasar pengenalan alat  dalam evakuasi korban bencana, pengetahuan kedaruratan dan logistik dalam penanganan darurat bencana di Kab. Sukabumi".jelasnya.
Di tempat yang sama Bupati Sukabumi menyampaikan bahwa latihan dasar penanganan kedaruratan kebencanaan merupakan upaya menyiapkan sumberdaya manusia yang terampil dalam penanganan bencana dan memberikan kontribusi untuk masyarakat Kab. Sukabumi. 
"untuk itu selama mengikuti kegiatan telah mendapatkan ilmu dan wawasan sebagai bekal untuk membantu pemerintah daerah dalam melaksanakan penanggulangan bencana secara terpadu".ungkapnya.
Selain itu, Bupati mengingatkan bahwa fakta dan situasi aktual dilapangan memiliki dinamika dan karakteristik yang berbeda.
"sehingga koordinasi antara unsur terkait perlu dilakukan, untuk itu kita harus memiliki responsivitas tinggi dan mampu mendeteksi sedini mungkin segala kemungkinan terjadinya bencana".
H. Marwan Hamami berharap seluruh peserta latihan dasar petugas penanggulangan bencana dapat menjadi andalan di tengah tengah masyarakat dalam penanganan bencana dan mampu meminimalisir dampak dari sebuah bencana yang tentunya tidak kita inginkan".pungkasnya.
Dalam acara tersebut Bupati Sukabumi menyerahkan sertifikat dan penghargaan kepada dua peserta terbaik, Fuji Maulana dan Rey Damaida Rival. 
Hadir pada kesempatan tersebut Danyon Armed, Camat Cikembar, Kabid IKP, pejabat Struktural BPBD dan undangan lainnya.
Harapan kedepannya semoga BPBD lebih maju dan bekerja lebih maksimal lagi dengan diadakannya latihan tersebut sehingga penanggulangan bencana bisa teratasi dengan cepat.(Reporter: IRS)


Share it:

Post A Comment:

0 comments: