Korpri Sukabumi Adakan Seminar "Optimalisasi Kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu"

Share it:
Sukabumi,(MediaTOR Online) - Dalam rangka memeriahkan HUT ke 48, Korpri Kabupaten Sukabumi selenggarakan Seminar Sehari dengan tema "Optimalisasi Kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu". Acara yang dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi H. Iyos Somantri tersebut berlangsung di Aula BKPSDM, Kamis (5/12).
Seminar tersebut diikuti oleh pengurus Korpri Kecamatan dengan menghadirkan Guru Besar Unpad Bandung Prof.Ir.Mega Fatimah Rosana M.sc.P.hd. sebagai narasumber.
Bulan April 2018 merupakan salah satu peristiwa bersejarah bagi Kab. Sukabumi yaitu dengan ditetapkannya kawasan Geopark Ciletuh Palabuanratu sebagai Unesco Global Geopark ( UGG), demikian disampaikan Sekretaris Daerah H. Iyos Somantri saat membuka seminar tersebut.
Menurut Sekda, hal lain yang patut  dibanggakan adalah penetapan Geopark Ciletuh Palabuanratu  hanya membutuhkan waktu yang tergolong singkat  yaitu 3 tahun untuk naik tingkat dari geopark berskala nasional menjadi Unesco Global Geopark.
"Oleh karena itu menjadi tugas semua anggota Korpri Kab. Sukabumi untuk terus mengembangkan kawasan Geopark supaya terus menyandang gelar sebagai Unesco Global Geopark  serta memberikan dampak ekonomi berkelanjutan bagi masyarakat di Kab Sukabumi".
Geopark Ciletuh Palabuanratu  memiliki luas 126.100 hektar yang meliputi 8 Kecamatan di wilayah Kab Sukabumi, dalam pengembangannya  kawasan geopark memerlukan sinergitas dari semua stakeholder sehingga pengembangan kawasan geopark yang terdiri dari 50 obyek wisata tersebut dapat dioptimalkan bagi kesejahteraan masyarakat.
"Saya berharap pengembangan kawasan Geopark Ciletuh Palabuanratu dapat dioptimalkan sehingga pada tahun 2020 kita siap menghadapi evaluasi oleh tim penilai Unesco Global Geopark," p
ungkas Sekda.
Disaksikan seluruh hadirin, pada kesempatan tersebut Sekertaris Daerah menyerahkan Plakat kepada Prof.Ir .Mega Fatimah Rosana Msc.P.hd.(Reporter : IRS)

Share it:

Daerah

Post A Comment:

0 comments: