Upacara Peringatan Bela Negara Dihadiri Bupati Sukabumi

Share it:
Sukabumi,(MediaTOR Online) - Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi bersama dengan jajaran TNI/Polri melaksanakan upacara peringatan Hari Bela Negara yang ke-71 tahun 2019 serta persiapan Gelar Pasukan Operasi Lilin Tahun 2019. Acara yang diselenggarakan di Lapangan Cangehgar Palabuhanratu tersebut dihadiri oleh Bupati Sukabumi H.Marwan Hamami, Kamis (19/12/2019).
Inspektur Upacara, Kepala Kepolisian Resort Sukabumi  AKBP. Nuredy Irwansyah Putra,  menyampaikan amanat Presiden Republik Indonesia H.Joko Widodo terkait ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan yang harus dihadapi bangsa ini, yang hanya bisa di hadapi dengan keberagaman keahlian yang saling terkait dan mengisi.
"Disinilah terletak relevansi tekad kita untuk mewujudkan SDM unggul demi kemajuan Indonesia yang kita canangkan sebagai tema peringatan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang ke-74. Manusia Indonesia yang unggul adalah persyaratan utama untuk mengisi kemerdekaan sebagai modal dasar pembangun kita disegala bidang. Kemerdekaan ini jualah yang menjadi pedoman bagi kita semua untuk melaksanakan bela negara." Ungkap Kapolres mengutip amanat Presiden.
Lebih Lanjut Disampaikan Kapolres,Presiden menjelaskan bahwa Aksi Nasional Bela Negara melengkapi keahlian SDM dengan pengalaman nilai-nilai bela negara yang meliputi cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, kesetiaan dan keyakinan kepada Pancasila sebagai ideologi negara, kerelaan berkorban untuk bangsa dan negara, serta kemampuan awal bela negara dan semangat untuk mewujudkan negara yang berdaulat, adil, dan makmur.
"Bela negara bukan hanya menjadi alat untuk menghadapi ancaman yang bersifat potensial maupun actual. Namun juga menjadi alat pencapaian tujuan Nasional Bangsa dalam jangka panjang yang memerlukan kerja keras serta sinergi bersama secara terus menerus," Jelasnya.
Di akhir Sambutan tertulisnya,Presiden menambahkan bahwa Tanpa sikap dan perilaku bela negara, maka pengelolaan negeri kita yang besar dan luas dengan sumber daya alamnya yang melimpah, tak akan mencapai keadilan dan kemakmuran yang di cita-citakan oleh seluruh pendahulu bangsa. 
"Penanaman nilai- nilai dasar bela negara harus di lakukan secara terus menerus kepada seluruh komponen masyarakat dari berbagai profesi tanpa memandang usia, suku, agama dan ras sebagai hak dan kewajiban tiap warga negara yang dijamin oleh undang-undang. Ke depannya, kita semua mengharapkan agar Aksi Nasional Bela Negara disegenap gatra kehidupan nasional dapat semakin terstuktur, sistematif, dan massif, dengan prioritas dan inplementasi yang terukur sesuai dengan presepsi dan aspirasi masyarakat seluas-luasnya."ungkapnya.
Tak hanya menyampaikan amanat Presiden ,terkait pelaksanaan Gelar Pasukan Oprasi Lilin Tahun 2019 , Kapolres menyampaikan amanat tertulis Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Idham Azis yang menyampaikan bahwa Gelar Pasukan yang diselenggarakan secara serentak di seluruh jajaran bertujuan untuk memastikan kesiapsiagaan personel dan peralatan pengamanan, soliditas para pemangku kepentingan yang dilibatkan, serta menumbuhkan ketenangan dan rasa am

an bagi masyarakat dalam merayakan Hari Raya Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.
" Operasi Lilin tahun 2019 merupakan operasi kepolisian terpusat yang akan dilaksanakan selama 10 hari, mulai hari Senin tanggal 23 Desember 2019, sampai dengan hari Rabu tanggal 1 Januari 2020. Fokus pengamanan adalah 61.308 obyek di seluruh Indonesia baik gereja, tempat wisata, pusat perbelanjaan, obyek perayaan tahun baru, terminal, pelabuhan, stasiun KA, dan bandara." 
Kapolri meminta jajaran kepolisian agar dalam melaksanakan tugas untuk tetap menjaga kesehatan serta niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan YME.
"Laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik, serta tingkatkan kewaspadaan pengamanan melalui penerapan buddy system".
Seusai acara berlangsung, Bupati beserta jajaran Polri dan TNI menyaksikan pemusnahan ribuan botol minuman keras dari berbagai merek hasil dari operasi pemberantasan miras yang dilakukan oleh jajaran Polres Sukabumi.
Hadir pada kesempatan tersebut Dandim 0622 Sukabumi, Ketua Pengadilan Negeri Kab.Sukabumi, Perwakilan Forkopimda, Para Kepala Perangkat Daerah serta undangan lainnya.(Reporter: IRS)

Share it:

Daerah

Post A Comment:

0 comments: