Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Meresmikan Peletakan Batu Kampung Akuarium

Share it:


Jakarta,(MediaTOR Online) -Peresmian Kampung Akuarium yang terletak di jalan Penjaringan Jakarta Utara di hadiri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam melakukan peletakan batu pertama pembangunan.

Daerah yang pernah digusur di era Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok, Senin (17/8/2020).

Gubernur Anies beserta Ketua DPRD DKI Jakarta Presetyo Edi Marsudi dan Walikota Jakarta Utara Sigit Wijatmoko meresmikan pembangunan Kampung Akuarium.

Dalam sambutan Anies menyampaikan Tampilan rasa keadilan warga memiliki hunian yang layak, sehingga bisa tumbuh berkembang sebagai warga kota Jakarta yang punya tradisi panjang tentang perkampungan.

“Saya mendukung sekali istilah yang dibangun disini, bukan rumah susun, tapi Kampung susun Akuarium, Kampung ini harus kita kembangkan” tutur Anies.

Sementara Sarjoko Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman DKI Jakarta (Plt) mengatakan dalam penataan kawasan Kampung Akuarium, Pemprov DKI bakal berkolaborasi dengan warga setempat dan sejumlah elemen masyarakat seperti Jaringan Masyarakat Miskin Kota dan RUJAK Centre for Urban Studies yang mengadvokasi warga setempat.

“Peningkatan kualitas permukiman merupakan program prioritas Pemprov DKI Jakarta dalam upaya menciptakan lingkungan hunian yang tertata, layak, dan manusiawi. Penyusunan rencana aksi penataan kawasan berbasis masyarakat, dalam hal ini masyarakat didorong untuk bisa ikut berperan aktif serta kolaboratif,” ujarnya.

Dalam penataannya, kampung pinggir pantai ini bakal dibangun berbagai fasilitas. Salah satunya adalah pembangunan hunian permanen tipe 36, masing-masing terdiri dari dua kamar sebanyak 240 unit. Ratusan hunian itu bakal dibagi dalam lima blok. Serta ruang terbuka hijau yang akan berdiri di atas 40 persen luas lahan secara keseluruhan.

Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah menyebut penataan kawasan ini menggunakan pendekatan Community Action Plan (CAP).

Adapun pembangunan kawasan ini telah diamanatkan dalam Kepgub Nomor 878 Tahun 2018 tentang Gugus Tugas Pelaksanaan Penataan Kampung dan Masyarakat, ditetapkan 21 kampung prioritas. Kampung Akuarium salah satunya.

“Kegiatan CAP-nya telah dilaksanakan pada Tahun Anggaran 2018. Perencanaan penataan Kampung Akuarium ini melibatkan peran aktif warga Kampung Akuarium beserta komunitas,” pungkasnya (Wan/Hrs)

Share it:

Metropolitan

Post A Comment:

0 comments: