Vaksinasi Covid-19 Bagi Tenaga Kesehatan Rumah Sakit dan Komponen RSUD Ciawi Dilaksanakan

Share it:


Bogor,(MediaTOR Online) - Setelah penyebaran Covid – 19 dinyatakan sebagai global pandemic oleh WHO. Direktur RSUD Ciawi, dr. M Tsani Musyafa, SpOT, M. Kes. Membuka seremonial pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Rumah Sakit Umum Daerah Ciawi. 

Dalam penyampaiannya, kepada awak media mengutarakan. Pemerintah menyatakan pandemi Covid-19 sebagai bencana nasional. Dan sebagai usaha penanggulangan pandemi Covid-19 yang dilakukan oleh bidang Kesehatan baik secara internasional maupun nasional  adalah vaksinasi covid-19. Termasuk di Indonesia, turut melakukan kegiatan vaksinasi covid-19. Di Indonesia diberlakukan beberapa tahap sasaran vaksinasi. Dimana kelompok pertama penerima vaksin adalah pemimpin  Pusat dan daerah. Tahap pertama diberikan kepada sasaran tenaga Kesehatan serta mahasiswa yang sedang menjalani pendidikan profesi kedokteran yang bekerja pada Fasilitas Pelayanan Kesehatan. Tahap kedua diberikan kepada petugas pelayanan publik, termasuk pada tahap ini adalah usia lanjut. Tahap 3 diberikan kepada masyarakat rentan dan Tahap akhir adalah masyarakat dan pelaku perekonomian lainnya dengan pendekatan kluster sesuai dengan ketersediaan vaksin.

Walaupun di RSUD Ciawi telah dilaksanakan penerapan protokol Kesehatan serta Personal Protective Equipment (PPE) / Alat Pelindung Diri (APD namun angka paparan dari Covid – 19 tetap terjadi di lingkungan Nakes. Sehingga dibutuhkan  perlindungan tambahan dengan mengikuti vaksinasi Covid-19.

RSUD Ciawi telah berhasil melaksanakan vaksinasi Nakes di lingkungan RSUD Ciawi. Total nakes yang mengikuti vaksin  tahap 1 adalah 1.033 orang dan 1.002 orang yang mengikuti vaksinasi tahap 2, dari total sasaran vaksin sebanyak 1.058 orang. Terdapat selisih dari total sasaran  dkarenakan terdapatnya karyawan yang  gagal vaksinasi  karena  dinyatakan tidak layak vaksin setelah melalui tahap screening pra vaksinasi, seperti kondisi Kesehatan tidak fit, sasaran dengan komorbid yang kbelum layak vaksin, ibu hamil, serta penyintas yang belum berjarak 3 bulan. 

Dimana untuk sisa karyawan yang belum mengikuti vaksinasi akan dilakukan kegiatan vaksin bertahap yang telah dilaksanakan. 

Sasaran yang memperoleh vaksin di lingkungan RSUD Ciawi termasuk dengan keamanan (security), Kebersihan (cleaning service) dan petugas parkir dikarenakan mereka turut bersinggungan dengan karyawan, pasien dan pengunjung.

Vaksinasi ini diharapkan dapat membantu mengurangi angka kesakitan serta paparan dari Covid -19 di lingkungan RSUD CIawi sehingga dapat meningkatkan keamanan bekerja bagi  para nakes di pelayanan. Sehingga dapat melindungi pasien dan pengunjung pula terhadap ancaman paparan. Ayo lawan Covid-19 dengan Sukseskan Vaksinasi Covid-19. Tandasnya.

Share it:

Bodetabek

Post A Comment:

0 comments: