Pilkades di Desa Benda Gunakan Anggaran Talangan, Panitia Terpaksa Ngutang Buat Makan

Share it:

Sukabumi,(MediaTOR Online) - Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Benda  Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat dalam melaksanakan kegiatan Pilkades kali ini sementara menggunakan dana anggaran talangan.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa Benda, Asep Supriyatno saat diwawancarai awak media ketika menggelar Pilkades di Desa Benda.


“Iya, ada anggaran juga akan tetapi ini untuk anggaran Panitia, Panwas, BPD juga ada anggaran untuk panitia Kabupaten. Nah, untuk anggaran publikasi tidak ada,” ujarnya kepada awak media, Minggu (24/09/23) kemarin.

Lanjutnya, ketika ditanya mengenai rincian penggunaan dana Pilkades, dirinya mengatakan bahwa rinciannya ada di Bendahara.

“Sebetulnya kemarin ada mapping dari Kabupaten bahwa ada anggaran yang bisa dicairkan sebelum kepala desa cuti dan sesudah cuti,” jelasnya.

Menurutnya, dengan adanya seperti ini sehingga untuk biaya makan panitia dan lainnya terpaksa ngutang terlebih dahulu.

“Nah, untuk anggaran kegiatan ini sementara menggunakan dana talangan terlebih dahulu, sehingga untuk biaya makan, tenda dan lainnya dibayar sesudah pelaksanaan selesai,” ungkapnya.

Masih kata Asep, sehingga panitia kekurangan anggaran dalam pelaksanaan Pilkades Benda ini karena ada biaya yang tidak dihandle oleh anggaran tersebut. Seperti biaya dekorasi, tenda dan yang lainnya.

“Kami sebetulnya sudah ngobrol dengan para calon kades mengenai kekurangan anggaran ini. Maunya seperti bagaimana terkait kekurangan anggaran tersebut dan kekurangan itu diperkirakan sekitar 30 jutaan,” kata dia.

Lanjutnya, bahwa semua ini sudah diungkapkan kepada para calon kepala desa, akan tetapi realisasinya tidak ada. Karena tidak ada unsur paksaan.

“Iya, anggaran yang dikucurkan dari DPMD sebesar Rp164 juta itu pun dibagi ke beberapa unsur seperti Panitia Pilkades, BPD, Panwas dan Panitia Kabupaten. Jadi anggaran tersebut tidak sepenuhnya kepada panitia Pilkades,” pungkasnya.(Heru/Aten)

Share it:

Post A Comment:

0 comments: