Lokakarya PNPM Generasi Kecamatan Cibitung Hasilkan Nota Kesepakatan

Share it:
Sukabumi,(MediaTOR).-Lokakarya yang diselenggarakan di gedung Koperasi Karya Mekar Kecamatan Cibitung yang dihadiri oleh enam orang perwakilan desa yang terdiri dari Kepala Desa, 2 orang KPMD, 1 orang Bidan Desa, 1 orang perwakilan Kepala Sekolah, dan 1 Orang perwakilan tokoh masyarakat. Dan perwakilan penyedia layanan di tingkat kecamatan diantanya Kepala UPTD Puskesmas, UPTD Pendidikan Kecamatan Cibitung.
Pelaksanaan lokakarya yang dilanjutkan dengan Musyawarah Antar Desa (MAD) alokasi dana PNPM Mandiri Perdesaan-Generasi  Tahun Anggaran 2013. Dibuka langsung oleh Camat Kecamatan Cibitung Jaenudin SIP MM. Dalam pemaparannya sebelum membuka acara tersebut, Jaenudin menyampaikan supaya pelaksanaan kegiatan PNPM baik Mandiri ataupun PNPM Generasi harus berjalan dengan baik. Diharapkan semua pelaku program dapat melaksanakan kegiatan sesuai dengan ketentuan yang sudah tertuang dalam Petunjuk Teknis Operasional (PTO), baik PNPM Mandiri maupun PNPM Generasi.
H. Supendi (62) Ketua Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) menambahkan “Demi terlaksananya pelaksanaan PNPM Mandiri Perdesaan Generasi hendaklah ada peran aktif dari semua pihak atau penyedia layanan. Intinya harus ada koordinasi yang inten antara PNPM, UPTD Puskesmas, UPTD Pendidikan, dan pihak kecamatan”. Hal senada juga disampaikan oleh Usep Suryadi SIP MMPd selaku Penanggungjawab Opersional Kegiatan (PjOK) PNPM Mandiri Perdesaan Generasi Kecamatan Cibitung.
Lokakarya yang dihadiri langsung oleh Nasirul Haq Fasilitator PNPM Generasi Sehat dan Cerdas Kabupaten Sukabumi berjalan cukup alot. Mengingat banyak kegiatan baru baik di kesehatan maupun pendidikan, apalagi kegiatan PNPM Mandiri Perdesaan Generasi harus terfokus pada saran yang tidak dapat layanan (non user) dan peningkatan kualitas layanan kesehatan dan pendidikan, tegas Nasirul. Sementara H Encang Rukmana SKM, Kasubag Tata Usaha UPTD Puskesmas, H. Buloh Saepulloh MMPd, Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Cibitung.  Dalam presentasenya mengarapkan harus ada beberapa kesepakatan yang nantinya dijadikan pegangan dan harus dilaksanakan oleh lembaga layanan terkait.
1. Setelah disampaikannya rekomendasi setiap kegiatan oleh lembaga layanan baik kesehatan maupun pendidikan yang akan dilaksanakan oleh pelaku program di tingkat desa disepakati 9 Nota Kesepakan diantaranya; Mendukung penuh proses peningkatan kualitas pelayanan Kesehatan dan Pendidikan terhadap Sasaran (Ibu Hamil, Bayi, Balita, Anak Usia SD dan Anak Usia SMP) melalui program PNPM Generasi Sehat dan Cerdas  maupun bentuk kegiatan kerjasama lainnya. Membuat program pembinaan terhadap kelompok sasaran, pelaku-pelaku dan lembaga-lembaga partisipasi masyarakat yang bergerak dalam PNPM Generasi Sehat dan Cerdas  di wilayah Kecamatan Cibitung. Fokus atau prioritaskan PNPM Generasi Sehat dan Cerdas  Anggaran  Minimal 10 % untuk kegiatan Non User. Dan lain-lain.(Us/Cep)
Share it:

Daerah

Post A Comment:

0 comments: