Keharmonisan PGRI, K3S, UPTD Bekasi Barat Patut Dicontoh

Share it:
Bekasi,(MediaTOR) - Dinas Pendidikan Kota Bekasi membawahi 12 Kepala UPTD Pembinaan SD dan masing-masing mempunyai Pengurus Cabang PGRI dan Pengurus K3S. Tugas Kelompok Kerja Sama Kepala Sekolah (K3S) cenderung mengurusi logistik UPTD, dan kegiatan rapat-rapat dan PGRI cabang mengurus kewajiban anggota (guru-guru) dan juga membenahi organisasi tersebut baik vertikal juga horizontal. Tugas yang dilaksanakan K3S dan PGRI terutama mendukukng kinerja Kepala UPTD.
Drs Asdi Bachtiar
     Dalam kurun waktu 10 tahun s/d tahun 2015 hanya dua kecamatan yang proaktif dan menonjol yakni Kecamatan Jatiasih saat H. Sukim, Ketua K3S dan H. Latio, Ketua PGRI. Namun dua tahun belakangan ini sudah pudar, dan yang  monoton keharmonisan pengurus K3S, PGRI dan Kepala UPTD hanya Kecamatan Bekasi Barat dan tetap mempertahankan kinerja dan juga pelayanan yang prima.
     Mantan Kepala UPTD Bekasi Barat yang saat ini jadi Kabid di Bappeda Dr. Inayatullah kepada MediaTOR mengatakan bahwa sebelum dia menjabat  Kepala UPTD Pembinaan SD Kecamatan Bekasi Barat, Koordinasi Ketua PGRI, Ketua K3S dengan Kepala UPTD berjalan harmonis, dan setelah ditinggalkan Dr. Inayatullah kepada 2 Kepala UPTD berikutnya tetap bertahan.
    Dan setelah Drs. HM Zaini MMPd menjabat Kepala UPTD Kecamatan Bekasi Barat peningkatan kinerja K3S dan PGRI semakin menonjol. Saat Asdi Bachtiar, Ketua K3S dan Drs. H. Sarjito Ketua PGRI, Kecamatan Bekasi Barat unggul dalam mengikuti even-even tingkat kota, tingkat provinsi, sampai tingkat nasional dalam lomba-lomba O2SN, lomba Calistung, lomba Kesenian. Banyak piala kejuaraan yang diraih Kecamatan Bekasi Barat saat itu, baik piala bergilir maupun piala tetap.
     Saat terjadi mutasi beberapa kepala sekolah di Kota Bekasi Drs. H. Sarjito menjadi guru biasa dan saat itu masa kepengurusan PGRI yang dijabatnya telah berakhir. Terjadi konfercab dan terpilih Drs. Asdi Bachtiar MMPd MSi menjadi Ketua Cabang PGRI Kec. Bekasi Barat. Saat itu Asdi Bachtiar menjabat ketua cabang PGRI dan merangkap Ketua K3S.
      Agar sesuai prosedur Asdi Bachtiar rela menanggalkan jabatan Ketua K3S dan terjadi pemilihan Ketua K3S yang baru dan terpilih Drs. Sunarto MMPd dan Asdi Bachtiar fokus mengurus PGRI Kecamatan Bekasi Barat.
     Namun sesudah beberapa bulan berjalan kepengurusan K3S yang dijabat Drs. Sunarto M.MPd, kurang gregetnya. Beberapa Kepala Sekolah mengharap agar Sunarto bisa mengadopsi organisasi K3S dari pendahulunya untuk mempertahankan dan meningkatkan kinerja K3S yang dijabatnya.
     Asdi Bachtiar yang saat ini menjabat Kepala Sekolah Dasar Negeri Jakasampurna 3 masih berjibaku untuk meningkatkan mutu KBM di sekolah yang dipimpinnya. Sekolah ini dulu sudah favorit ketika Kepala Sekolahnya dijabat Untung. Setelah pergantian  kepala sekolah kefavoritannya menurun. Menurut Hadijah dan Sunarti, orang tua siswa kelas VI menyatakan kepala sekolah yang baru berbeda pelayanannya dengan Kepsek yang digantikannya. Tanggapan senada juga diamini Fatimah dan Sukendar, dan Sujoko yang anaknya duduk di kelas V. Kebersihan lingkungan semakin meningkat, keamanan semakin terkendali. Cara pengajaran para guru yang dipimpinnya bekerja dengan cara pendekatan kepada orang tua siswa, dan juga pelayanan Kepsek terkesan familiar.
    Kharisma dan talenta yang dimiliki Drs. Asdi Bachtiar MMPd MSi dalam mengelola sekolah sudah teruji, tidak jauh berbeda dengan mengelola K3S, dan PGRI yang diketuainya. Sekolah yang ditinggalkannya yaitu SDN Bintara VI sudah agak menurun kualitasnya di tangan Kepala Sekolah yang baru. Padahal ketika Asdi Bachtiar menjabat Kepala SDN Bintara 6, sekolah tersebut sudah favorit. 
     Kepala UPTD Pembinaan SD Kecamatan Bekasi Barat kepada MediaTOR mengakui keharmonisan kepengurusan PGRI, K3S dengan koordinasi yang harmonis terhadap Kepala UPTD tetap berjalan mulus dan lestari. Dan mengharapkan kelestarian dan keharmonisan ini semakin meningkat.
     Sekdis Pendidikan Kota Bekasi Drs H. Dedi Djunaedi MPd kepada MediaTOR mengakui kinerja PGRI Cabang Kecamatan Bekasi Barat, Pengurus K3S, dan Kepala UPTD wajar menjadi percontohan dalam keharmonisan kerjasama ketiga organisasi Pendidikan Kecamatan Bekasi Barat tersebut, untuk diikuti kecamatan lain se Kota Bekasi.(DM/Amir M/Arifin Lubis)


Share it:

Pendidikan

Post A Comment:

0 comments: