Penyerahan Sertipikat Redis dan Relokasi Bencana Alam Tahun 2017 untuk 3 Desa di Kecamatan Cigudeg

Share it:





Cibinong,(MediaTOR Online) - Kantor Pertanahan Kab. Bogor kembali melakukan Penyerahan Sertipikat Redis dan Relokasi Bencana Alam Tahun 2017 untuk 3 Desa di Kecamatan Cigudeg yang di laksakan di Kantor Kecamatan Cigudeg . Relokasi merupakan gagasan untuk menata ulang lokasi pemukiman di sekitar wilayah yang rawan bencana. Menata ulang pemukiman menjadi bagian dari upaya penanggulangan bencana untuk meminimalisasi korban apabila terjadi lagi bencana di kemudia hari.

Acara dihadiri Oleh Bupati Bogor Ade Yasin SH MH. Sertipikat tanah yang diserahkan pada hari Senin, (06/07) merupakan hasil dari kegiatan Redistribusi Tanah. Redistribusi tanah merupakan bagian dari Program Reforma Agraria yang dilaksanakan untuk mengurangi ketimpangan kepemilikan tanah di Indonesia pada umumnya, dan di wilayah Kabupaten bogor pada khususnya.

Sertipikat tanah hasil redistribusi tanah ini, secara serentak di serahkan pada hari senin (06/07) sebanyak 581 sertipikat dengan rincian untuk masyarakat Desa Tapos kecamatan Tenjo sebanyak 46 sertipikat; Desa Setu Kecamatan Jasinga sebanyak 300 sertipikat; dan Desa Banyuwangi Kecamatan Cigudeg sebanyak 235 sertipikat. Namun demikian, mengingat kondisi saat ini yang harus tetap menjaga protokol kesehatan karena pandemi covid-19, maka sertipikat tanah yang akan diserahkan pada acara ini diberikan secara simbolis kepada 18 orang meliputi perwakilan dari 3 desa masing-masing sebanyak 6 orang. Sisa sertipikat lainnya, hari ini juga dibagikan kepada seluruh penerima yang berhak di desa masing-masing tentunya dengan tetap menjaga protokol kesehatan.

Harapan kami sesuai dengan tujuan Undang-Undang Pokok Agraria, bahwa tanah yang sudah disertipikatkan dapat memberikan jaminan kepastian hukum hak atas tanah, dapat diwariskan kepada ahli waris sehingga memberikan ketenangan para penerima sertipikat dalam memanfaatkan dan menggunakan tanahnya serta dapat diagunkan dalam rangka permodalan guna peningkatan kegiatan usahanya yang pada ahirnya akan membawa sebesar-besar kemakmuran rakyat.(Reni)
Share it:

Bodetabek

Post A Comment:

0 comments: