Milad Madzas Al-Fath Sekaligus Peresmian P.S Sang Maung Bodas Cabang Cidahu

Share it:


Sukabumi,(MediaTOR Online) - Peresmian Pencak Silat  Sang Maung Bodas sekaligus Milad Madzas Al-Fath  pimpinan Prof.Dr.KH.M.FAJAR LAKSANA.SE.CQM.MM.Ph.D. Selaku Ketua Umum Pusat,yang mana  Acara Milad  ini  ini merupakan kali pertama  terselenggarakan terhitung dari Hari Minggu tanggal 21 Maret awal dari acara hingga berakhir acara tanggal 23 Maret 2021 di Kampung  Legoknyenang RT 07/05 Desa Cidahu, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi. Tepatnya di kediaman Padepokan  Abah UBE selaku pembina dari perguruan Pencak Silat Sang Maung Bodas Cabang Cidahu, Kabupaten Sukabumi.

Acara ini dihadiri langsung  oleh Ketua Umum Pusat Perguruan Sang  Maung Bodas, Camat Cidahu Erry Erisyandi serta Babinsa Cidahu Pelda Untung SMS beserta jajarannya, serta  peserta dari berbagai daerah  seperti dari perguruan Pencaksilat dari Kalapanunggal, Kabandungan, Cibadak, Parungkuda, Cisaat, Kadudampit, Geger Bitung, Ciracap, Sukabumi Kota dan Cidahu.  Tentunya sebagai tuan rumah, dari daerah masing-masing mempertunjukan kemampuan serta atraksinya. Seperti Lesung ngamuk, Tidur diatas Paku dan lain sebagainya. 

Saat ditemui awak media Andi Firmansyah yang akrab dipanggil Abah UBE menuturkan,"Dengan adanya acara Milad Madzas Al-fath ini selain menjalin Tali silaturahmi  hal inipun bisa memperkokoh rasa persatuan dan persaudaraan antar perguruan atau paguyuban seni beladiri pencasilat khususnya dan umumnya seni kebudayaan sunda lainnya".




Iapun menambahkan "Selain seni dan budaya sunda yang merupakan peninggalan serta tradisi leluhur atau nenek moyang, kita patut menjaga serta melestarikannya. Agar jangan sampai tradisi adat ini hilang dan punah begitu saja dengan peradaban modern saat ini. Sehingga generasi penerus kita tidak tahu serta mengenal adat kebudayaannya sendiri seperti pepatah mengatakan "Bangsa yang besar adalah Bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya" 

Begitupun para leluhur sehingga selain menjadi kewajiban  kita bersama untuk tetap  menjaga kelestariannya. 

Disamping melestarikannya kitapun harus bisa mengembangkannya kembali adat istiadat leluhur kita jangan sampai kita kalah dengan kebudayaan asing.

Kembali Abah UBE menambahkan, pihaknya berencana ingin  selain seni budaya iapun berkeinginan membangun rumah adat serta membuka destinasi wisata lainnya  di daerah Cidahu ini selain pertanian dan perkebunan yang selama ini ia tekuni. Semoga saja rencana ini akan tercapai tentunya dengan ijin Allah SWT serta dukungan dari masyarakat setempat," ujarnya mengakhiri pembicaraannya.(Gunk)

Share it:

Daerah

Post A Comment:

0 comments: