SDN Batununggul Menjadi Pilot Project Program Sekolah Penggerak

Share it:


Sukabumi,(MediaTOR Online) - Sekolah SDN Batununggul, Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat merupakan  sekolah yang ada di Kabupaten Sukabumi menjadi pilot project penerapan program sekolah penggerak.






Sekolah penggerak yang digagas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi  (Kemendikbudristek ) merupakan program merdeka belajar. Program ini memberikan keleluasaan kepada guru untuk menggunakan kreativitas dalam melaksanakan pembelajaran di sekolah berbasis proyek sebagai kurikulum sekolah penggerak.

Kepala Sekolah SDN Batununggul Maryati SPd saat ditemui, Kamis tgl 22 / 12 / 2022 mengaku bersyukur dan bangga atas ditunjuknya SDN Batununggul sebagai sekolah penggerak










Program sekolah Penggerak angkatan ke 2  dilaksanakan pada tahun ajaran 2022/2023  pihak sekolah  mulai melakukan berbagai kegiatan  menerapkan kurikulum merdeka.

“Alhamdulillah dengan adanya kebijakan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi terkait kurikulum merdeka yang sudah mulai diterapkan saat ini, tentu membantu kami dalam menyiapkan menjadi sekolah penggerak,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan, sekolah yang ditunjuk sebagai sekolah penggerak akan diberikan bantuan dana dari Kemendikbud untuk kegiatan peningkatan sarana dan prasarana serta peningkatan kompetensi sumber daya manusia (SDM) guru.

“Sudah dilakukan  pendampingan yang dilakukan oleh Kemendikbudristek berupa Pelatihan Komite Pembelajaran.secara online, dilanjutkan dengan kegiatan In House Training di sekolah, dan kegiatan pendampingan lainnya 4 kali lokakarya. kepada tenaga pendidik untuk meningkatkan performanya,” tuturnya.

Untuk melaksanakan  program Kemendikbudristek  ini, pihak sekolah  saat ini melakukan berbagai kegiatan terkait Kurikulum Merdeka. Salah satunya ada Pembelajaran  Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Dari Kegiatan P5 ini  yang sudah dilaksanakan selama kurang lebih 17 minggu  bentuk hasil akhirnya dengan kegiatan  aksi nyata  dalam bentuk  Gebyar Proyek Penguatan Profil  Pelajar Pancasila.

Dengan Tema : Kewirausahaan dan Kearifan Lokal yang diadakan Pada Tgl 22 / 12 / 2022.

Tema kegiatan, Hayu urang ngamumule Budaya Daerah sareng Katuangan Tradisional Sunda,Sunda Nu Beunghar , Sunda nu Urang.

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi  yang diwakili oleh Kasie Kurikulum Yudi Cucu Supriadi SPd, Fasilisator Sekolah Pengerak Fikri Zauharul Firdaus MPd serta hadir pula Pengawas Bina Kec Cimanggu Beti Setianingsih MMPd.

“Konsep dari  Kewirausahaan dan Kearifan Lokal adalah terjalinnya Silahturahmi antar guru dan walimurid serta meningkatkan kebersamaan.

Dalam acara tersebut diisi dengan berbagai macam2 kegiatan antara lain 

~ Jajanan tradisional sunda seperti kue lapis Comro , Cilok dll

~  Aneka Olahan buah 

~  Pencaksilat 

~ Tarian2 Siswa Siswi SDN Batununggul

Ujarnya saat ditemui oleh pihak mediator.(BIMA)

Share it:

Pendidikan

Post A Comment:

0 comments: