Pertemuan Akbar Pokdarkamtibmas Sektor Jagakarsa, Berkomitmen Jaga Keamanan dan Ketertiban

Share it:


Jakarta,(MediaTOR Online) - Kelompok sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat atau yang disingkat POKDARKAMTIBMAS merupakan wadah organisasi masyarakat yang bergerak di bidang keamanan dan ketertiban. Khusus untuk wilayah Kecamatan Jagakarsa dibawah lindungan Polsek Jagakarsa yang mempunya surat Keputusan (SKEP) yang ditanda tangani Kapolres Metro Jaksel. 

Sejarah Pokdarkamtibmas di Jagakarsa sangatlah panjang sempat berganti nama bernama SISPAMDU (Sistim Kemanan Terpadu) tahun 2004 SD 2010 dipimpin oleh Purwanto. Lalu ditahun yang sama berubah nama menjadi Kelompok Sadar Kamtibmas (KSK) yang dipimpin oleh H.Rokib hingga saat ini. Kemudian berkembang dengan makin banyaknya partisipasi masyarakat yang ikut menjadi keanggotaan beralih kembali menjadi POKDARKAMTIBMAS. Mereka bekerja dengan ikhlas dan tanpa pamrih seperti yang dikatakan oleh Ka Subsektor Pokdar Kamtibmas jajaran kelurahan Ciganjur H.Sugandhi, "Jika tidak ikhlas tidak usah ikut masuk Pokdar,"  tutur H.Rokib saat pertemuan Akbar di halaman Kelurahan Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Rabu, 17 Mei, 2023.



Hingga saat ini keanggotaan Pokdarkamtibmas sektor Jagakarsa mempunya 600 anggota yang terbagi di 6 Ka Subsektor diwilayah kelurahan masing masing. Pada pertemuan Akbar hari Rabu tanggal 17 Mei kemarin H Rokib selaku ketua kembali membangun dan menghidupkan Pokdar sebagai garda terdepan menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan setelah sempat vacum selama 3 tahun akibat Covid 19. " Kami akan kembali eksis menjaga lingkungan bekerja sama dan akan selalu berkoordinasi dengan Polsek Jagakarsa agar keamanan diwilayah kecamatan Jagakarsa kondusif," dalam sambutannya.

Kapolsek Jagakarsa Kompol Multazam Lisendra SIkom SIK yang turut hadir dalam pertemuan akbar tersebut mengatakan dalam sambutannya,"Saya sangat kagum dan mengapresiasi kerja keras Pokdarkamtibmas selama ini, sehingga keamanan lingkungan dapat terjaga. Saya ingin mengadakan apel akbar dengan jumlah yang ada saat ini agar masyarakat tahu bahwa kita siap mengamankan lingkungan wilayah Jagakarsa," tandasnya.

Lebih lanjut Kapolsek mengatakan akan membantu persoalan yang dihadapi oleh anggota Pokdar saat ini. Permintaan dari Ketua Pokdar masalah Kartu Anggota masing masing Pokdar yang masih mempunyai kendala, " Nanti kita lakukan koordinasi dan duduk bareng dalam rangka memecahkan persoalan ini," katanya.

Semoga dengan eksisnya wadah ini mari kita sama sama menjaga keamanan dan ketertiban menjelang Pemilu 2024. "Pilihan boleh beda dan namun hati tetap dingin, jaga persatuan dan kesatuan Negara kita, jangan timbulkan perpecahan, kita semua bersaudara," ujar Kapolsek Jagakarsa menutup sambutannya.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kapolsek Jagakarsa, Camat Jagakarsa, Anggota dewan H Purwanto, Lurah Ciganjur dan organisasi masyarakat dan anggota Pokdar Kamtibmas Jagakarsa.(M.Sabarudin)



Share it:

Serba-serbi

Post A Comment:

0 comments: