Ini yang Membuat Kesejahteraan Petani Meningkat?

Share it:
Oleh : Ni Luh Evendia Andini







Berbicara mengenai pertanian yang merupakan salah satu sektor yang menjanjikan. Sektor pertanian menjanjikan karena semakin banyak pertumbuhan penduduk yang cukup signifikan, tentu tidak akan terlepas dari sektor pertanian yang memenuhi kebutuhan pangan. Hal ini tentu tidak lepas juga dari tingkat kesejahteraan petani yang dapat dilihat dari besarnya Nilai Tukar Petani atau yang dikenal sebagai NTP 
Secara Umum, NTP merupakan indikator rasio indeks harga yang diterima oleh petani dengan indeks harga yang dibayar oleh petani dalam suatu nilai persentase. Nilai Tukar Pertani juga memiliki manfaat sebagai tolak ukur kemampuan tukar produk yang dijual dari petani dengan berbagai produk yang dibutuhkan dalam segala produksi dan konsumsi rumah tangga. Tujuan pembangunan adalah peningkatan kesejahteraan masyarakat atau dalam hal ini para petani. Namun, apakah petani di Indonesia sejahtera?
Berdasarkan publikasi BPS “Perkembangan dan Nilai Tukar Tani dan Harga Produsen Gabah” di Berita Resmi Statistik pada bulan Oktober 2019. NTP nasional September 2019 sebesar 103,88 atau naik 0,63 persen dibanding NTP bulan sebelumnya. Kenaikan NTP dikarenakan Indeks Harga yang diterima petani (It) naik sebesar 0,14 persen, sedangkan Indeks Harga yang Dibayar Petani (Ib) turun sebesar 0,49 persen dan kenaikan NTP tersebut disebabkan oleh indeks harga hasil produksi pertanian mengalami peningkatan, sedangkan indeks harga barang dan jasa yang dikonsumsi oleh rumah tangga maupun untuk keperluan produksi pertanian mengalami penurunan. Pada September 2019, NTP Provinsi Jambi mengalami kenaikan tertinggi (2,27 persen) dibandingkan kenaikan NTP provinsi lainnya. Sebaliknya, NTP Provinsi Maluku Utara mengalami penurunan terbesar (1,56 persen) dibandingkan penurunan NTP provinsi lainnya.
Dari data yang dijelaskan sebelumnya sudah dapat mengatakan bahwa Indonesia semakin kuat tingkat/ kemampuan daya beli petani dan menunjukan adanya peningkatan kesejahteraan petani. NTP ini menunjukkan arah pembangunan sektor pertanian sudah tepat.
Kementan akan terus mendukung untuk peningkatan produksi serta kesejahteraan petani dan kebijakan maupun program yang dibuat akan berpihak kepada petani demi meningkatkan NTP.**

(Catatan:Penulis adalah Mahasiswa Politeknik Statistika STIS)









Share it:

Opini

Post A Comment:

0 comments: