Catatan Cinta Redaksi dari Greenland Forest Hill Residence

Share it:



Rabu, 16 agustus 2023, redaksi kembali terdampar di acara santunan anak yatim piatu yang bertempat di perumahan Greenland Foresthill Residence, Semplak Barat, Atang Sanjaya, Kabupatem Bogor.

Bertempat di pintu masuk perumahan yang berlatar belakang hutan lindung,  aula bulu tangkis tempat acara berlangsung  telah dipenuhi ratusan orang anak dan ibu yang duduk bergelar karpet bersama sama dengan penyelenggara acara.

Sejenak terlihat tidak ada yang istimewa dari acara sosial tersebut namun karena acara yang diselenggarakan secara tertutup, ada kesan santai diwajah para penyelenggara yang duduk berhadapan hadapan dengan para undangan istimewanya. 

Seiring berjalannya waktu, di tengah acara suasana semakin menghangat ketika pembawa acara mulai membawakan permainan tanya jawab kepada anak anak yang datang. Anak anak yang berhasil menjawab dengan benar diberikan hadiah uang hingga makanan. 

Ketika hadiah yang disediakan sudah habis, salah satu penyelenggara membuka dompet dan memberikan lembar demi lembar uang kepada anak anak yang menjawab pertanyaan dengan benar. 

Dari satu orang penyelenggara mendorong yang lainnya satu persatu untuk membuka dompet dan meneruskan permainan tanya jawab dengan anak anak yang berdiri dihadapan orang banyak.

Tidak nampak wajah keberatan, tidak terlihat rasa tegang agar terlihat baik, mengalir seperti air dipenuhj kehangatan. 

Terdengar celetuk ringan dari salah seorang ibu yang duduk di belakang.

"Ini baru bener, sawerannya ke anak yatim bukan penyanyi dangdur".

Sungguh pemandangan yang kontras jika disandingkan dengan situasi musim politik dimana acara sosial dan keagamaan kerap dijadikan tunggangan untuk memperkenalkan diri dan golongannya.  Menutupi maksud dan tujuan dengan mengulurkan tangan. 

Dalam hadits yang berasal dari Musnad Ahmad, 7/36 dikatakan;

عَنْ أَبِي أُمَامَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ مَسَحَ رَأْسَ يَتِيمٍ لَمْ يَمْسَحْهُ إِلَّا لِلَّهِ كَانَ لَهُ بِكُلِّ شَعْرَةٍ مَرَّتْ عَلَيْهَا يَدُهُ حَسَنَاتٌ وَمَنْ أَحْسَنَ إِلَى يَتِيمَةٍ أَوْ يَتِيمٍ عِنْدَهُ كُنْتُ أَنَا وَهُوَ فِي الْجَنَّةِ كَهَاتَيْنِ وَفَرَّقَ بَيْنَ أُصْبُعَيْهِ السَّبَّابَةِ وَالْوُسْطَى


Artinya: Diriwayatkan dari Umamah, sesungguhnya Nabi bersabda, Barangsiapa mengusap kepala anak yatim semata-mata karena Allah, maka setiap rambut yang ia usap memperoleh satu kebaikan. Barangsiapa berbuat baik kepada anak yatim di sekitarnya, maka ia denganku ketika di surga seperti dua jari ini. Nabi menunjukkan dua jarinya; jari telunjuk dan jari tengahnya.(Red/Bgr)

Share it:

serba serbi

Serba-serbi

Post A Comment:

0 comments: