Sewindu Pertamina EP Lancarkan Komitmen Aksi Cinta Lingkungan

Share it:
Jakarta,(MediaTOR).-Pertamina EP melancarkan komitmen aksi cinta Iingkungan hidup di wilayah Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta. Aksi cinta Iingkungan meliputi pembuatan sumur resapan, pembuatan taman, penanaman mangroove, dan aksi bersih-bersih shelter busway. Aksi tersebut dicanangkan oleh President Director Pertamina EP Syamsu Alam pada acara ‘Merajut Nusantara Melestarikan Indonesia’ di kawasan Silang Monas, Jakarta, Minggu,(15/9), kemarin.
  Kegiatan cinta Iingkungan hidup tersebut akan dilaksanakan secara bertahap di sejumlah lokasi di wilayah DKI Jakarta dengan program pendahuluan yaitu program pembuatan sumur resapan akan dilakukan di 200 kelurahan di DKI Jakarta; Kegiatan pembuatan satu section taman di bawah jembatan Iayang non tol JI. Prof Dr Satrio, Jakarta Selatan. Selanjutnya, komitmen aksi cinta Iingkungan dari Pertamina EP yang mendukung Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dalam program ‘Jakarta Hijau’ dan ‘Jakarta Bersih’ meliputi penanaman mangrove sebanyak 40.000 pohon akan dilaksanakan di kawasan Suaka Mangroove, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. Sementara khusus untuk aksi bersih-bersih pada 2 shelter busway yang berada di depan Sarinah dan Plaza Indonesia di jalan MH Thamrin dilaksanakan bersamaan momentum Car Free Day, Minggu (15/9).
   Pencanangan komitmen aksi cinta Iingkungan yang mendukung Pemprov DKI Jakarta tersebut dilakukan bersamaan dengan perayaan Sewindu Pertamina EP mengabdi pada negeri tercinta dalam kemasan kegiatan positif bertajuk ‘Merajut Nusantara Melestarikan Indonesia’. Aksi ini juga melibatkan jajaran Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Republik Indonesia (POLRI) untuk menggaungkan komitmen yang sama agar tercipta kota Jakarta yang asri, hijau, bersih, nyaman dan produktif bagi warganya.
   President Director Pertamina EP Syamsu Alam merasa gembira dapat melancarkan aksi cinta Iingkungan di wilayah DKI Jakarta yang selaras dengan komitmen Corporate Social Responsibility di bidang Iingkungan ‘Deklarasi untuk Bumi’ yang telah digaungkan sejak tahun 2011 lalu. “Kontribusi Pertamina EP untuk Kota Jakarta terutama pada program ‘Jakarta Hijau’ dan ‘Jakarta Bersih’ ini merupakan wujud sinergi dari komitmen CSR di bidang Iingkungan. Secara nyata, kami akan membuktikan komitmen dukungan terhadap empat hal penting tersebut. Di usia sewindu ini, Pertamina EP ingin secara terus menerus menularkan spirit dan kepedulian cinta Iingkungan dalam aksi dan Iangkah nyata yang memberikan perubahan ke arah lebih baik pada berbagai/pihak. Langkah dan aksi nyata yang kami lakukan ini tentunya membutuhkan dukungan seluruh pihak agar tetap terjaga semangat untuk melestarikan lingkungan dan tak terputus pada empat hal yang menjadi komitmen kami saja. Tetapi dapat berkembang sesuai kebutuhan penting kota Jakarta yang telah menanggung permasalahan kota yang cukup rumit”.
   Kegiatan ‘Merajut Nusantara Melestarikan Indonesia’ yang merupakan puncak perayaan sewindu Pertamina EP melibatkan berbagai kalangan mulai dari kalangan direksi, managemen dan karyawan Pertamina EP, Pemprov DKI Jakarta, POLRI, TNI, komunitas sepeda dan masyarakat umum. Acara ini disemarakkan berbagai kegiatan menarik dan menyehatkan diantaranya Senam Pagi Aerobik, Lomba Mewamai SD dan SMP, Fun Bike, talkshow dengan topik lingkungan, pembagian bibit tanaman, hiburan musik serta kehadiran Duta Lingkungan Hidup, Nugie.
   Untuk kegiatan Fun Bike yang menjadi menu utama pada kegiatan ‘Merajut Nusantara Melestarikan Indonesia’ ini diikuti sekitar 2,500 peserta yang berasal dari kalangan Pertamina EP, anak perusahaan PT. Pertamina (Persero) Iainnya, komunitas sepeda Ibukota serta masyarakat umum yang secara bersama-sama turut memberikan dukungan terhadap komitmen dan aksi nyata Pertamina EP pada program ‘Jakarta Hijau’ dan ‘Jakarta Bersih’. Ratusan hadiah menarik telah disediakan bagi seluruh peserta Fun Bike sebagai ungkapan berbagi kebahagiaan di perayaan sewindu
Pertamina EP ini.
Pelestarian
   Perhatian Pertamina EP dalam usaha pelestarian lingkungan dan budaya sudah dicanangkan sejak tahun 2011 lalu. Sesungguhnya perhatian Pertamina EP tidak hanya terbatas pada pelestarian lingkungan hidup semata tetapi juga pelestarian budaya. Unsur lingkungan hidup yang diupayakan pelestariannya adalah Bekantan, Burung Maleo dan Owa Jawa. Sedangkan budaya yang dilestarikan adalah seni pertunjukan Ketoprak. lnilah yang menjadi dasar pemikiran dari rangkaian kepedulian Pertamina EP dalam bidang Iingkungan dan budaya.(Sutomo)
Share it:

Nasional

Post A Comment:

0 comments: